‘Bahagialah seorang Junzi, karena dialah ayah bunda rakyat.’
Ia menyukai apa yang disukai rakyat dan membenci apa yang dibenci rakyat.
Inilah yang dikatakan sebagai ayah bunda rakyat.
诗 云: 乐 只 君 子 , 民 之 夫 母
Shi yun: Le Zhi Junzi, Min zhi Fu Mu
民 之 所 好 好 之 ,民 之 所 恶 恶
之
Min Zhi Suo Hao Hao Zhi, Min Zhi Suo E E Zhi
此 之 为 民 之 夫 母
Ci Zhi Wei Min Zhi Fu Mu
(Sishu bagian Da Xue, Bab X; 3)
Ada pula sumber lain menyatakan, bahwa yang semula menyebut ajaran Ru sebagai ajaran Khonghucu atau Kong Jiao ialah para Ru scholars (Ru shi 儒 士) di jaman kemudian, sebagai translasi dari Confusius dan Confucianism
Hal itu dicatat di dalam laporan peneliti dari western observer, Nicholas Trigault.
Dia berpendapat, bahwa penyebutan Confucius/Confuciansm itu dari cara orang barat, dalam hal itu Matteo Ricci (misionaris Jesuits Italia,1615) menyebut Ru Jiao itu : Kongjiao(孔 教) artinya: ajaran Khonghucu, didasarkan nama K’ongFuTse (Kongfuzi 孔 夫子).Xinzhong Yao mempunyai sebuah versi lain tentang ditemukannya apa yang mereka sebut sebagai ajaran para cendekiawan (Ru Jiao) oleh para misionaris Jesuit dari Italia tersebut. Dikatakannya komunitas nasrani (Jesuits) yang mula-mula masuk ke masyarakat Tiongkok merupakan representasi dari sistem nilai dalam metodologi intelektual barat, dalam upaya mereka untuk mengerti sistem nilai yang dimiliki kaum cendekiawan China yang sekaligus dipandang merupakan wujud pemikiran Ru Jiao masyarakat Timur
Dalam pada itu banyak peneliti barat maupun timur tidak ragu menyebut Kongzi berperan penting dalam penulisan Kitab Kitab Ajaran Ru (Ru Jiao Jing Shu 儒 教 经书);
Memang karya monumental Zhisheng Kongzi tersebut adalah tidak menciptakan sesuatu sistem ajaran baru, melainkan melestarikan budaya keagamaan Ru yang 25 abad lebih merupakan Tianxi 天 锡 yang kepada banyak sekali rajasuci yang bersifat Sheng wang 圣 王 seperti: Yao, Shun, Xia Yu, Xiangtang, Zhou Wen, Wu, Zhougong. Karya dokumen historis Shengren besar Kongzi tersebut dibukukan secara lengkap dalam Kitab Sejarah Ru, Shu Jing (书 经). Fakta menonjol yang menunjukkan kelebihan Shengren Kongzi, selain sebagai Great Master (Fuzi 夫子) sebagai Genta RohaniNya (Tian zhi Mu Duo 天之木 铎), penelitipun menemukan talenta beliau sebagai akhli sejarah antropologi dan negarawan luar biasa di jamannya.
Posisi kenegaraan sebagai kepala pemerintahan (perdana menteri) negeri Lu pernah beliau jabat, namun Shengren besar Kongzi (Tian zhi Mu Duo 天之木 铎), menebarkan Dao beliau, berupa paradigma baru pengembangan Ru Jiao dari satu ke lain negeri selama 13 tahun. Oleh perjuangan Shengren besar Kongzi itulah budaya keagamaan Ru Jiao kini dikenal sebagai salah sebuah ajaran menjalani hidup di masyarakat (public religion), bukan sekedar ajaran kaum istana (royal religion).
孔子(公元前551—公元前479),名丘,字仲尼,鲁国人。中国春秋末期伟大的思想家和教育家,儒家学派的创始人。
Konfusius (551- 479 SM), nama Qiu, alias Zhongni, warga negara Lu. Pemikir dan pendidik besar China masa akhir zaman Chunqiu, pencetus ajaran konfusianisme.
孔子的远祖是宋国的贵族,殷王室的后裔。在孔子很小的时候,他的父亲就去世了,以后孔子的家境逐渐衰落。虽然孔子年轻的时候很贫困,但是他立志学 习,他曾经说过:“三人行, 必有我师焉。”后来,他开始授徒讲学,他一共教授了3 000多个学生,其中不乏贫困家庭的孩子,改变了以往只有贵族子女才有资格上学的传统。孔子晚年还编订上古书籍,保存了很多古代的文献,我们现在看到的 《诗经》、《尚书》、《周易》等等都经过他的编订。
Nenek moyang Konfusius adalah bangsawan negara Song, keturunan dari keluarga raja dinasti Yin. Saat Konfusius masih kecil, ayahnya meninggal dunia, setelah itu kondisi keluarganya perlahan-lahan mengalami kemerosotan. Meskipun miskin saat muda, tetapi Konfusius bertekad untuk belajar, dia pernah berkata : “tiga orang berjalan bersama, niscaya ada yang bisa menjadi guruku.” Di kemudian hari, dia mulai mengajar, total murid yang pernah diterimanya lebih dari 3.000 lebih, di antaranya banyak anak dari keluarga kurang mampu. Ini merubah tradisi sebelumnya yaitu hanya anak-anak dari keluarga bangsawan yang bisa mendapatkan pendidikan. Pada masa tuanya Konfusius menyusun buku-buku kuno sehingga banyak literatur kuno dapat dilestarikan. Buku-buku seperti Shi Jing, Shang Shu, Zhou Yi dan lain-lain yang kita temui sekarang ini semuanya disusun oleh Konfusius.
孔子的很多思想即使在今天看来也很有价值。比如, 孔子丰富了“仁”的内涵, 他认为要做到“仁”,就要关爱别人,“己所不欲,勿施于人”;他还认为,“君子和而不同”,也就是说,在处理人际关系上要承认人与人之间的差异,不要用单 一的标准来衡量对方,这样才能够达到社会的和谐与稳定;他在教育上还主张用启发的方法促使学生独立思考,在学习书本知识的同时还要有自己独立的见解等等。
Banyak ideologi Konfusius yang sangat berharga walaupun dinilai dengan standar zaman sekarang. Misalnya, Konfusius memperkaya arti “ren” (kebajikan). Dipandangannya, untuk mencapai tahapan “ren” haruslah memperhatikan dan mencintai sesama, “hal yang tidak kita inginkan, janganlah dipaksakan pada orang lain”; dia juga berpendapat “orang yang budiman harmonis dengan yang lain meskipun berbeda orangnya ” , artinya ketika menangani hubungan antar manusia haruslah mengakui perbedaan antar pribadi, janganlah menggunakan standar tunggal dalam mengukur pihak lain, dengan demikian barulah bisa mencapai masyarakat yang harmonis dan stabil. Dalam masalah pendidikan Konfusius menganjurkan menggunakan cara mengilhami untuk mendorong kemandirian pemikiran murid, murid haruslah mempunyai pandangan sendiri saat belajar ilmu-ilmu dari buku, dan lain sebagainya.
孔子的言行被他的弟子们收集在《论语》一书中,孔子的思想也被后人吸.收和发扬光大,成为中国传统思想的最主要的组成部分,并逐渐传播到周边国家,形成了影响范围很广的儒家文化圈。
Sikap dan ucapan Konfusius dikumpulkan oleh murid-muridnya dalam buku yang berjudul “Lun Yu”, ideologi Konfusius juga dipelajari dan disebarluaskan oleh generasi berikutnya sehingga menjadi bagian paling penting yang membentuk ideologi tradisional China, bahkan kemudian perlahan-lahan meluas hingga negara-negara sekeliling sehingga membentuk lingkaran budaya konfusianisme yang berpengaruh luas.
孔子是属于中国的,他在中国家喻户晓,绝大多数中国人的思想都或多或少地受到他的学说的影响;孔子也是属于世界的,联合国教科文组织曾将他列为世界十大文化名人之一。
Konfusius adalah milik China, di China setiap orang mengenalnya, ideolodi orang China pada umumnya sedikit banyak terpengaruh oleh doktrin konfusianisme; Konfusius adalah milik dunia juga, UNESCO mendaftarkannya sebagai salah satu dari 10 budayawan dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar