Minggu, 13 Mei 2012

Agama vs Filsafat

Terkadang bingung Orang kepercayaan Tionghoa terjebak pada Agama Vs Filsafat . yang selalu berpandangan sinis bila kita mengkaji dari sudut pandang Tionghoa itu sendiri banyak orang Tionghoa penganut ajaran Agama Tradisi terlalu berpandangan dengan tradisi dan kebudayaan Barat ,tentu kita bisa mengkajinya lebih dalam jangan sekedar membaca lalu mengiyakan tidak merenungi makna :

yang lebih aneh pandangan orang tenglang tidk bisa membedakan nilai religi dan filsafat malah di adu-adu mana yg ingin lebih religius ..sungguh hancurrrrrrr Tenglang indonesia di dokrin demikian SiShu WuJing dan akhir2nya langsung disimpulkan kalau ajaran “filsafat”dan nilai religi di dalamnya tidak bisa membedakan ...>Masalah diselamatin minta2 apa yang terpenting dalam ajaran Kongzi ?? minta-2 di selamakan Tidak kan itu urusan masing2 yang lebih di dahulukan apa yang harus dilakukan dalam hidup ini ? gak ada yg bisa mastiin diselamatin asal percaya TIAN , nah apakah didalam ajaran KONGZI demikian ? apakah yang harus di lakukan yang terpenting dalam menjalani hidup ini ?
arti agama itu a=tidak -->> gam =kacau , artiny agama itu bisa jg cara2 gimana supaya gak kacau, so kalau getu ajaran moralitas Kongzi buat nata suatu masyarakat gak kacau itu bisa disebut agama Tidak ?
bahas qoh ajaran anak dasar SD arti kata religi ?

menurut si bule Van Schie, arti religi ialah keseluruhan mitos , ritus dan tata hidup yg merupakan pernyataan serta pengungkapan kepercayaan manusia.
Religi dibagi 3 unsur.
-mitologi,
-liturgi
-moral.

JIAO / agama itu artinya ajaran yang menata moraritas kita

mau kemana bila KHC di bilang bukan Agama soal mitos ada soal PENCIPTAAN ada
di konsep WUJI, TAIJI di kitab YI JING anyakan kepada yang paham kalau mau mempelajarinya aqu umat awam

soal Ritual ritual sembahyang kepada
-*:TIAN ( bisa di artikan TUHAN / LANGIT " 
maka ahli2 berikutnya membagi Dao dalam Ru itu jadi dua Tian Dao dan Ren Dao, yang diutamakan adalah Ren Dao

makanya Tian itu sesuatu yang tidak dibahas eksklusif dalam Ru, cuma yah itu Ru yang masih zhengtongmasalah abstraksi. Tian itu sifatnya abstrak menurut pemikiran Zhongguo kuno. Kalau ada kata mandat Langit (Tianming), itu sifatnya abstrak. Bukan Langit selaku sosok berpribadi yang mendelegasikan mandatnya pada Kaisar. karena dia bukan sosok berpribadi. Dia adalah suatu prinsip abstrak. Jadi bangsa Tionghua kuno sudah sanggup berpikir abstrak. Tetapi sayangnya ini tidak berlaku pada bilangan. Jika seandainya mereka sanggup mengabstraksi bilangan, maka bangsa Tionghua akan sanggup mensistemasi kalkulus. Barangkali benar ada pemikiran2 kalkulus dalam karya Shenkuo, namun pada kenyataannya yang dikatakan sebagai penemu dan pengembang kalkulus adalah orang Barat (Gauss, Fermat, dll). Dan ilmu kalkulus yang kita pelajar adalah ala Barat. Kita ga pernah belajar kalkulus ala Shenkuo.~`~

dari masa Zhengzi itu kemudain ke Zi Si itu semuanya spik2 mengenai Ren Dao, Mengzi kemudian kembali menyinggung Tian Dao

sampai masa Xin Xue kemudian dua bersaudara Cheng yang menurunkan Zhu Xi dan Wang Yanming masing2 mengutamakan prinsip Ren Dao.nah pengertian Dao dalam Ru ini sama dengan pengertian Dao dalam taoism ?

pengertian Dao dalam Daojiao itu lebih ke Tian Dao, sedangkan dalam Ru lebih ke Ren Dao

ini saya ambil dari Zhongyong
道不遠人。人之為道而遠人,不可以為道.
Dao tidaklah jauh dari kemanusiaan. Ketika manusia mengejar Dao yang jauh dari kemanusiaan, maka itu bukanlah Dao yang sejati.
 jadi kalau ada orang Ru tapi yang suka bahas2 soal Tian  ini itu apalagi tuhan2an yah itu menurut Zhongyong sudah jauh dari kemanusiaan

kalau dalam Dao De Jing

lihat bab 1 kalimat terakhir
玄之又玄,衆妙之門
---------------------------------------------------------------------------------------------
dan mengenai penghormatan Tian Di oleh seorang Tianzi, penghormatan Tian Di itu selalu beriringan, bukan hanya Tian, bukan hanya Di
diambil dari Liji buku Wang Zhi bab 28

王制:

天子祭天地,諸侯祭社稷,大夫祭五祀。天子祭天下名山大川:五岳視三公,四瀆視諸侯。諸侯祭名山大川之在其地者

perhatikan itu perbedaan objek penghormatan Tianzi dengan bangsawan2 atau raja muda.
Tianzi memberikan persembahan kepada Tian Di, Zhuhou (raja muda - bangsawan) memberi persembahan kepada Shenming/dewa2 lokal per tiap negara bagian, pejabat2 memberi persembahan 5 jenis..kpd Shenming / arwah/Dewa mereka yagn meninggal.

-* Di Bumi ( ctt “shen”, lha Kong Zi jg ada anjuran utk Feng Shan buat raja2,(Shangdi) ,Tiangong yg mana itu sembahyang gui shen. Shen disini gak selalu Shenming/dewa , bisa jg roh org yg baik meninggal disebut shen.)Kong Zi jg menganjurkan sembahyang leluhur Orang tua kakek nenek dsb yang telah mendahulukan kita sesuai dengan tradisi.
Dalam konsep Ru, manusia (dan semua makhluk hidup lainnya) memiliki gui dan shen. Masing-masing memiliki sifat seperti dituliskan di atas. Gui berkembang menjadi Po (tubuh-daging-darah, fisik), shen menjadi qi (dalam pengertian kesadaran, pemahaman, atau dalam literatur kadang disebut hun, ling). Karena guishen seorang manusia itu merupakan perwujudan gui dan shen dari orang tuanya, maka ketika melakukan sembahyang, dipercayai bahwa yang bisa diterima oleh almarhum hanya sembahyang yang dilakukan oleh keturunannya "sedarah" (yang belakangan juga mencakup mislanya kalau ada anak angkat dikarenakan "irama" shennya sudah sama. Itulah kenapa dikatakan bahwa menyembah guishen "yang lain" adalah tidak patut (menjilat).guishen adalah 2 qi, gui sebagai qi bersifat yin, shen sebagai qi bersifat yang.... alias yin-yang seperti ini 視之而弗見,聽之而弗聞,體物而不可遺。鬼神無形與聲,然物之終始,莫非陰陽合散之所為,是其為物之體,而物所不能遺也。其言體物,猶易所謂幹事
guishen itu tidak memiliki bentuk ataupun suara, walaupun merupakan sumber dari semua makhluk, mungkin merupakan bentuk perpaduan yin yang semuanya, merupakan tubuh semua makhluk, walau semua makhluk tidak bisa mewariskannya. jadi tubuh semua makhluk itu adalah hasil dari proses perubahan yin-yang ~`~