Terkadang bingung Orang kepercayaan Tionghoa terjebak pada Agama Vs Filsafat . yang selalu berpandangan sinis bila kita mengkaji dari sudut pandang Tionghoa itu sendiri banyak orang Tionghoa penganut ajaran Agama Tradisi terlalu berpandangan dengan tradisi dan kebudayaan Barat ,tentu kita bisa mengkajinya lebih dalam jangan sekedar membaca lalu mengiyakan tidak merenungi makna :
makanya Tian itu sesuatu yang tidak dibahas eksklusif dalam Ru, cuma yah itu Ru yang masih zhengtongmasalah abstraksi. Tian itu sifatnya abstrak menurut pemikiran Zhongguo kuno. Kalau ada kata mandat Langit (Tianming), itu sifatnya abstrak. Bukan Langit selaku sosok berpribadi yang mendelegasikan mandatnya pada Kaisar. karena dia bukan sosok berpribadi. Dia adalah suatu prinsip abstrak. Jadi bangsa Tionghua kuno sudah sanggup berpikir abstrak. Tetapi sayangnya ini tidak berlaku pada bilangan. Jika seandainya mereka sanggup mengabstraksi bilangan, maka bangsa Tionghua akan sanggup mensistemasi kalkulus. Barangkali benar ada pemikiran2 kalkulus dalam karya Shenkuo, namun pada kenyataannya yang dikatakan sebagai penemu dan pengembang kalkulus adalah orang Barat (Gauss, Fermat, dll). Dan ilmu kalkulus yang kita pelajar adalah ala Barat. Kita ga pernah belajar kalkulus ala Shenkuo.~`~
dari masa Zhengzi itu kemudain ke Zi Si itu semuanya spik2 mengenai Ren Dao, Mengzi kemudian kembali menyinggung Tian Dao
sampai masa Xin Xue kemudian dua bersaudara Cheng yang menurunkan Zhu Xi dan Wang Yanming masing2 mengutamakan prinsip Ren Dao.nah pengertian Dao dalam Ru ini sama dengan pengertian Dao dalam taoism ?
pengertian Dao dalam Daojiao itu lebih ke Tian Dao, sedangkan dalam Ru lebih ke Ren Dao
ini saya ambil dari Zhongyong
道不遠人。人之為道而遠人,不可以為道.
Dao tidaklah jauh dari kemanusiaan. Ketika manusia mengejar Dao yang jauh dari kemanusiaan, maka itu bukanlah Dao yang sejati.
jadi kalau ada orang Ru tapi yang suka bahas2 soal Tian ini itu apalagi tuhan2an yah itu menurut Zhongyong sudah jauh dari kemanusiaan
kalau dalam Dao De Jing
lihat bab 1 kalimat terakhir
玄之又玄,衆妙之門
---------------------------------------------------------------------------------------------
maka ahli2 berikutnya membagi Dao dalam Ru itu jadi dua Tian Dao dan Ren Dao, yang diutamakan adalah Ren Dao
makanya Tian itu sesuatu yang tidak dibahas eksklusif dalam Ru, cuma yah itu Ru yang masih zhengtongmasalah abstraksi. Tian itu sifatnya abstrak menurut pemikiran Zhongguo kuno. Kalau ada kata mandat Langit (Tianming), itu sifatnya abstrak. Bukan Langit selaku sosok berpribadi yang mendelegasikan mandatnya pada Kaisar. karena dia bukan sosok berpribadi. Dia adalah suatu prinsip abstrak. Jadi bangsa Tionghua kuno sudah sanggup berpikir abstrak. Tetapi sayangnya ini tidak berlaku pada bilangan. Jika seandainya mereka sanggup mengabstraksi bilangan, maka bangsa Tionghua akan sanggup mensistemasi kalkulus. Barangkali benar ada pemikiran2 kalkulus dalam karya Shenkuo, namun pada kenyataannya yang dikatakan sebagai penemu dan pengembang kalkulus adalah orang Barat (Gauss, Fermat, dll). Dan ilmu kalkulus yang kita pelajar adalah ala Barat. Kita ga pernah belajar kalkulus ala Shenkuo.~`~
dari masa Zhengzi itu kemudain ke Zi Si itu semuanya spik2 mengenai Ren Dao, Mengzi kemudian kembali menyinggung Tian Dao
sampai masa Xin Xue kemudian dua bersaudara Cheng yang menurunkan Zhu Xi dan Wang Yanming masing2 mengutamakan prinsip Ren Dao.nah pengertian Dao dalam Ru ini sama dengan pengertian Dao dalam taoism ?
pengertian Dao dalam Daojiao itu lebih ke Tian Dao, sedangkan dalam Ru lebih ke Ren Dao
ini saya ambil dari Zhongyong
道不遠人。人之為道而遠人,不可以為道.
Dao tidaklah jauh dari kemanusiaan. Ketika manusia mengejar Dao yang jauh dari kemanusiaan, maka itu bukanlah Dao yang sejati.
jadi kalau ada orang Ru tapi yang suka bahas2 soal Tian ini itu apalagi tuhan2an yah itu menurut Zhongyong sudah jauh dari kemanusiaan
kalau dalam Dao De Jing
lihat bab 1 kalimat terakhir
玄之又玄,衆妙之門
---------------------------------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar