Selasa, 31 Juli 2012

Ciacay alias Zhaijie. Bersuci dan berpantang

Tujuan Zhaijie 齋戒/持齋 salah satunya adalah Dingxin 定心, menenangkan batin. Selain  itu juga sebagai simbol .jikalau ketika kita mau sembahyang dan mengadakan ritual itu sungguh-sungguh sepenuh hati melakukan pernghormatan/persembahyangan.
namun Zhai (berpantang) yang saya kemukakan adalah bersifat umum, namun Zhai yang bersifat spesifik sangat beragam. Kalau mau dijelaskan banyak sekali..menurut sejarah buddhisme india justru tidak mengenal ciakcay.  zhai ini bukan pengaruh budha. apalagi budha juga baru masuk tiongkok di awal abad CE.
Perlu diketahui bahwa Budisme itu juga ada beberapa aliran. Kalau Teravada tidak ada Zhai namun Mahayana baru ada atau Matreya juga ada Zhai. Masing2 mempunyai pandangannya sendiri2.
Kalau orang Islam perpuasa itu juga namanya Zhai. Puasa yang dilakukan oleh pribadi masing2 semuanya mempunyai maksud dan tujuannya masing2. Antara Budisme ,Khonghucu dan Taoisme bedanya tidak jauh, maka Sanjiao bisa berkembang. Tentang Zhai (pantang makan makanan yang bernyawa) bisa saja mempunyai pandangan yang berbeda.
  zhai dapat ditemukan dalam dao juga, sehingga bisa dikatakan ada suatu akar yang sama (meskipun aspeknya bisa jadi agak berbeda, misalnya dalam dao, menggunakan bumbu pun sebenarnya sudah masuk pantangan zhai, bahkan minuman yang dibuat berasa pun bisa masuk dalam kategori ini).
ciakcay itu lebih ke makan sederhana, bukannya yang diutamakan soal tidak makan binatang ketika makan sayuran tapi kalau pakai bumbu wah dan segala macam, juga bukan ciakcay

coba aja kalau gak percaya makan aja daging direbus pake air biasa, tanpa bumbu apa pun, apa rasanya ? atau daging dibakar begitu saja tanpa bumbu apa pun


 Chunqiu Zuozan:

Pada hari ke 6 bulan ke 6, Chen Heng dari negara Qi membunuh penguasanya sendiri yaitu adipati Ren. Kongzi "zhaijie" selama 3 hari (sebelum bertemu penguasa negara Lu, adipati Ai). Tiga kali Kongzi mendesak agar adipati Ai mengerahkan pasukan ekspedisi ke negara Qi sebagai aksi balasan menghukum tindakan Chen Heng..... dst dst

cat: Chen Heng sebelumnya telah membunuh penguasa sebelumnya, ia kemudian menempatkan anak si penguasa yaitu Ren sebagai penguasa, ini pun kemudian si Ren dia bunuh lagi, dan menempatkan si cucu sebagai penguasa. Chen Heng adalah seorang penasehat/perdana menteri negara Qi

ini sekali lagi membuktikan bahwa Zhaijie telah lama dikenal dan saya lebih condong ke teori bahwa penegasan zhaijie dalam buddhisme tiongkok adalah hasil adaptasi yang didukung juga oleh konsep pantangan membunuh buddhisme
dan zhaijie selama 3 hari sebelum menemui penguasa, adalah cara yang umum dilakukan dalam budaya tionghua jikalau hendak menemui seseorang yang dianggap penting

misalnya kisah Liu Bei zhaijie 3 hari sebelum menemui Zhuge Lian untuk ketiga kalinya

tujuan zhaijie/berpuasa (bukan sekedar pola makan, tapi juga perilaku, dan termasuk nafsu duniawi: hiburan, kebutuhan biologis, dll) ini adalah "memurnikan diri"
menurut sudut pandang   buddhis  mereka gak ada background sejarahnya, cuma berdasar "pannatipata veramani sikkhapadham samadiyani"
kita buka fakta, kalau dibilang mahayana yang vege, gak semua sekte mahayana mengharuskan vege

yang theravada, ini lebih jelas gak harus vege

san yi jiao 3 1 jiao, alias ru shi dao digabung menjadi satu, inilah cikal bakal keluarga sanyijiao yang termasuk nama2 di atas ditambah sepanjang sejarah mendapat pengaruh dari zoroastrian dan manicheanisme, hence Ming Ming Shang Di

* Ini menurut dao,

Pertama, semua makhluk memiliki hun dan po. Manusia hun 3 po 7. Hun adalah elemen Yang. Boleh lah disamakan dengan Roh atau jiwa. Po adalah elemen negatif. Termasuk perasaan negatif seperti emosi ataupun naluri bertahan hidup. Binatang juga punya hun 2 dan po yang lebih banyak, kalo tidak salah.

Kedua, makanan yang dari binatang dipercaya mengandung po yang tersisa. Yaitu dari rasa takut dan saki si binatang ketika disembelih. Jikalau kita memakan makanan begini, konon akan mencemari unsur po kita. Hence makan daging dikatakan mempengaruhi unsur emosi.

Ketiga, bumbu dan penguat rasa seperti cabai juga akan mempengaruhi po dan memperkuat perasaan negatif atau membuat yang positif jadi berlebih. Bawang misalnya akan membuat semangat jadi menguat dan bisa berlebihan. Merica juga.

Karena akarnya sama dengan Ru, konsep Dao kurang lebih sama.

Beda dengan konsep Shi yang soal bunuh makhluk hidup.


Kalau dalam Liji juga bisa dibilang sama ada Hun juga, ini juga dibahas dalam Yijing , para Shengren memahami hukum perubahan dan tahu seluk beluk pengembaraan hun... tapi bagi yang dari kecil belajar Ru dari Auwyang Zi Ho bisa mengetahui adanya Po 魄(--), Hun 魂(-+), Ling 靈 (+-) dan Qi 氣 (++), Po diartikan sebagai tubuh fisik yang pasti kembali ke 坤 Kun (Bumi) dan Qi diartikan sebagai saripati ruh manusia yang pasti kembali ke 乾 Qian dan LingHun 靈魂 inilah yang disempurnakan oleh laku bakti anak cucunya agar bisa juga langsung kembali ke alam Qian, dan dan jika sempurna berpadunya LingHun inilah yang disebut sebagai ShenMing 神明
Dalam konteks Ru, Zhai yang dimaksud adalah menghindari makanan yang mengganggu "kekhidmatan" dalam upacara. Makanan yang dihindari dengan demikian bukan sekedar makanan berjiwa, namun juga makanan yang menimbulkan ketidakkhidmatan itu, makanan yang rasanya terlalu keras, minuman yang memabukkan, dsb, dsb. Istilah sederhananya  sebenarnya bukan makan sayur belaka, namun makanan yang masuk kategori merusak qi tubuh.


teks ; 禮記 - Liji》

《郊特牲 - Jiao Te Sheng》

35 郊特牲:
天地合而後萬物興焉。夫昏禮,萬世之始也。取於異姓,所以附遠厚別也。幣必誠,辭無不腆。告之以直信;信,事人也;信,婦德也。壹與之齊,終身不改。故夫死不嫁。

男子親迎,男先於女,剛柔之義也。天先乎地,君先乎臣,其義一也。執摯以相見,敬章別也。男女有別,然後父子親,父子親然後義生,義生然後禮作,禮作然後萬物安。無別無義,禽獸之道也。婿親御授綏,親之也。親之也者,親之也。敬而親之,先王之所以得天下也。出乎大門而先,男帥女,女從男,夫婦之義由此始也。婦人,從人者也;幼從父兄,嫁從夫,夫死從子。夫也者,夫也;夫也者,以知帥人者也。

玄冕 "齋" 戒,鬼神陰陽也。將以為社稷主,為先祖後,而可以不致敬乎?共牢而食,同尊卑也。故婦人無爵,從夫之爵,坐以夫之齒。 === kalimat ini soal zhai di Liji

器用陶匏,尚禮然也。三王作牢用陶匏。厥明,婦盥饋。舅姑卒食,婦餕餘,私之也。舅姑降自西階,婦降自阼階,授之室也。

昏禮不用樂,幽陰之義也。樂,陽氣也。昏禮不賀,人之序也。


Kumpulan dari berbagai sumber senior .