第十六章
子曰:鬼神之為德,其盛矣乎。
...
視之而弗見;聽之而弗聞;體物而不可遺。
使天下之人,齊明盛服,以承祭祀。洋洋乎,如在其上,如在其左右。
詩曰:『神之格思,不可度思,矧可射思?』
夫微之顯。誠之不可揜,如此夫。.
Kalau dalam konteks ini, guishen adalah energi alam, di mana gui bersifat yin dan shen bersifat yang. Dalam pemaknaan berbeda (misalnya dalam arti penghormatan sebagaimana misalnya ada dalam penjabaran mengenai masalah menjilat guishen yang tidak pas), maka guishen yang dimaksud adalah "roh" leluhur. Lebih lanjut, dalam Li Ji, penjabaran Guishen ada dalam konteks "yin yang" yang berasal dari leluhur yang kemudian membentuk kita sebagai manusia.
guishen adalah 2 qi, gui sebagai qi bersifat yin, shen sebagai qi bersifat yang.... alias yin-yang 視之而弗見,聽之而弗聞,體物而不可遺。鬼神無形與聲,然物之終始,莫非陰陽合散之所為,是其為物之體,而物所不能遺也。其言體物,猶易所謂幹事
guishen itu tidak memiliki bentuk ataupun suara, walaupun merupakan sumber dari semua makhluk, mungkin merupakan bentuk perpaduan yin yang semuanya, merupakan tubuh semua makhluk, walau semua makhluk tidak bisa mewariskannya. jadi tubuh semua makhluk itu adalah hasil dari proses perubahan yin-yang ~`~
Dalam konsep Ru, manusia (dan semua makhluk hidup lainnya) memiliki gui dan shen. Masing-masing memiliki sifat seperti dituliskan di atas. Gui berkembang menjadi Po (tubuh-daging-darah, fisik), shen menjadi qi (dalam pengertian kesadaran, pemahaman, atau dalam literatur kadang disebut hun, ling). Karena guishen seorang manusia itu merupakan perwujudan gui dan shen dari orang tuanya, maka ketika melakukan sembahyang, dipercayai bahwa yang bisa diterima oleh almarhum hanya sembahyang yang dilakukan oleh keturunannya "sedarah" (yang belakangan juga mencakup mislanya kalau ada anak angkat dikarenakan "irama" shennya sudah sama. Itulah kenapa dikatakan bahwa menyembah guishen "yang lain" adalah tidak patut (menjilat). Sayangnya sekarang ada berbagai kekacauan dalam pengertian ini. Sampai-sampai minta supaya kalau dia meninggal disembahyangi sama keponakannya! Kacau banget dan memalukan karena di hadapan orang-orang luar juga.
Ini pemahaman guishen itu banyak tidak dipahami.
berikutnya penjelasan dari Zhu Xi
===============================
視之而弗見,聽之而弗聞,體物而不可遺。鬼神無形與聲,然物之終始,莫非陰陽合散之所為,是其為物之體,而物所不能遺也。其言體物,猶易所謂幹事
==========================
guishen itu tidak memiliki bentuk ataupun suara, walaupun merupakan sumber dari semua makhluk, mungkin merupakan bentuk perpaduan yin yang semuanya, merupakan tubuh semua makhluk, walau semua makhluk tidak bisa mewariskannya. jadi tubuh semua makhluk itu adalah hasil dari proses perubahan yin-yang
Sumber; para senior-senior yang saya kagumi
子曰:鬼神之為德,其盛矣乎。
...
視之而弗見;聽之而弗聞;體物而不可遺。
使天下之人,齊明盛服,以承祭祀。洋洋乎,如在其上,如在其左右。
詩曰:『神之格思,不可度思,矧可射思?』
夫微之顯。誠之不可揜,如此夫。.
Kalau dalam konteks ini, guishen adalah energi alam, di mana gui bersifat yin dan shen bersifat yang. Dalam pemaknaan berbeda (misalnya dalam arti penghormatan sebagaimana misalnya ada dalam penjabaran mengenai masalah menjilat guishen yang tidak pas), maka guishen yang dimaksud adalah "roh" leluhur. Lebih lanjut, dalam Li Ji, penjabaran Guishen ada dalam konteks "yin yang" yang berasal dari leluhur yang kemudian membentuk kita sebagai manusia.
guishen adalah 2 qi, gui sebagai qi bersifat yin, shen sebagai qi bersifat yang.... alias yin-yang 視之而弗見,聽之而弗聞,體物而不可遺。鬼神無形與聲,然物之終始,莫非陰陽合散之所為,是其為物之體,而物所不能遺也。其言體物,猶易所謂幹事
guishen itu tidak memiliki bentuk ataupun suara, walaupun merupakan sumber dari semua makhluk, mungkin merupakan bentuk perpaduan yin yang semuanya, merupakan tubuh semua makhluk, walau semua makhluk tidak bisa mewariskannya. jadi tubuh semua makhluk itu adalah hasil dari proses perubahan yin-yang ~`~
Dalam konsep Ru, manusia (dan semua makhluk hidup lainnya) memiliki gui dan shen. Masing-masing memiliki sifat seperti dituliskan di atas. Gui berkembang menjadi Po (tubuh-daging-darah, fisik), shen menjadi qi (dalam pengertian kesadaran, pemahaman, atau dalam literatur kadang disebut hun, ling). Karena guishen seorang manusia itu merupakan perwujudan gui dan shen dari orang tuanya, maka ketika melakukan sembahyang, dipercayai bahwa yang bisa diterima oleh almarhum hanya sembahyang yang dilakukan oleh keturunannya "sedarah" (yang belakangan juga mencakup mislanya kalau ada anak angkat dikarenakan "irama" shennya sudah sama. Itulah kenapa dikatakan bahwa menyembah guishen "yang lain" adalah tidak patut (menjilat). Sayangnya sekarang ada berbagai kekacauan dalam pengertian ini. Sampai-sampai minta supaya kalau dia meninggal disembahyangi sama keponakannya! Kacau banget dan memalukan karena di hadapan orang-orang luar juga.
Ini pemahaman guishen itu banyak tidak dipahami.
berikutnya penjelasan dari Zhu Xi
===============================
視之而弗見,聽之而弗聞,體物而不可遺。鬼神無形與聲,然物之終始,莫非陰陽合散之所為,是其為物之體,而物所不能遺也。其言體物,猶易所謂幹事
==========================
guishen itu tidak memiliki bentuk ataupun suara, walaupun merupakan sumber dari semua makhluk, mungkin merupakan bentuk perpaduan yin yang semuanya, merupakan tubuh semua makhluk, walau semua makhluk tidak bisa mewariskannya. jadi tubuh semua makhluk itu adalah hasil dari proses perubahan yin-yang
Sumber; para senior-senior yang saya kagumi