Senin, 24 September 2012

Filsafat dan Agama

Ajaran Konghucu bukan agama atau hanya Filsafat ?
tergantung kebutuhan biologis sich dalam mencerna,rupanya ini menjadi fenomena yang universal yang menimbulkan pro dan kontra yang tak kunjung usai  , sebenarnya dari sudut mana melihatnya (tergantung pribadi masing-masing sih ) menurut pandangan pribadi saya Konfusianisme dari filsafat budaya,juga agama, dan Konfusianisme menganjurkan sebagai transendensi moral yang humanistik dalam agama, kebutuhan spiritual, makna dan nilai dari tujuan akhir. tetap di mata saya ajaran  KHONGHUCU sebagai Agama menurut kaca mata saya.Konfusianisme dari filsafat budaya,juga agama, dan Konfusianisme menganjurkan sebagai transendensi moral yang humanistik dalam agama, kebutuhan spiritual, makna dan nilai dari tujuan akhir.

Manusia membutuhkan perawatan nyata, perlu perhatian lebih utama, pemikir satu demi satu, upaya tak henti-hentinya. Sejarah Budaya menunjukkan bahwa kekhawatiran realistis dengan tujuan akhir adalah sumber dari "ide" dan "hidup".


peradaban
manusia tak berujung, menjadi bentuk filsafat, budaya ilmu pengetahuan, dan agama. Namun, karena cara berpikir yang berbeda, filsafat ,budaya ilmu pengetahuan, dan agama (Timur ) khususnya kebudayaan Tionghoa dan Barat, ilmu pengetahuan dan agama yang diberikan sebagai paradigma yang berbeda


rupanya Perspektif modern, bahwa dalam diferensiasi disiplin konteks modern dari pertanyaan yang diajukan. namun, pembahasan masalah ini memiliki arti besar. Karena solusi untuk masalah ini, tidak hanya terkait dengan bagaimana Konfusianisme sebagai orientasi sejarah, tetapi juga bagaimana untuk memahami semangat batin Konfusianisme dan belajar sumber daya spiritual yang berharga.

 pernyataan ini bukan sebagai "persegi lingkaran" paradoks? Kedua humanisme, bagaimana agama?

Tidak ada keraguan bahwa tema humanis adalah orang-orang, memecahkan masalah rakyat, seperti sifat manusia, masalah nilai kehidupan, humanisme Konfusian, memang sih bagaimanapun, selain bersifat umum ini sudah menjadi opini publik ,dan menurut saya sungguh berbeda dari kaca mata Barat tentang karakteristik humanisme, yang membahas masalah-masalah rakyat, tidak pernah keluar dari hubungan manusia dan alam . Ini berarti bahwa orang tidak bisa meninggalkan sifat dan adanya masalah rakyat dalam hubungan antara manusia dan alam untuk memecahkan, dengan kata lain, itu hanya untuk memecahkan masalah rakyat dalam sifat status misi mereka.

Konfusianisme beberapa lapisan konten,  keseluruhan, tetapi pada level filosofis, itu bukan pengetahuan epistemologis mempelajari sistem, bukan alam sebagai objek fokus mendominasinya , namun Alam sebagai kehidupan dan nilai akar penyebab untuk memahami dengan  demikian memiliki kekaguman yang mendalam. Bila memandang secara kaku dalam kaca mata kalangan barat  semacam ada sentimen keagamaan. Filsafat dan agama yang saling terkait dari pengertian ini, Konfusianisme juga dapat dikatakan adalah agama alamiah secara Spritual . Bahkan humanisme, agama dan agama alamiah keduanya mengatakan bahwa dua aspek dari masalah yang sama. dari manusia, Konfusianisme untuk memecahkan masalah sifat manusia, dan transendensi-diri,( makna kehidupan ) menjadi perhatian utama, dari alam,sebagai  sumber kehidupan dan realitas tertinggi  untuk memecahkan masalah. ini saling keterkaitan dan tidak bisa meninggalkan aspek yang  lain saling keterkaitan ,  rasa hormat dan kekaguman alam, sebagai sumber kehidupan  .

Konfusianisme sangat keterkaitan dengan  budaya peradaban pertanian Agraris (yaitu, pra-industri masyarakat), yang mencerminkan pengalaman hidup dari era pertanian, termasuk ketergantungan dari beberapa alam;  nilai yang paling penting dalam memecahkan masalah pandanagn modern sekarang ini yang selalu fokus pada yang di katakan Modern .

Pertanyaan kuncinya adalah bagaimana memahami dan memperlakukan alam? "Dunia Alam dan kehidupan manusia ",
apa hubungan, Konfusianisme dan filsafat Barat?, Budaya sangat berbeda tentang masalah ini.Budaya  Filsafat Barat,  terutama setelah Renaissance, memandang alam sebagai benda mati, kematian alami, pandangan dominan - determinisme mekanistik, reduksionisme, hubungan antara manusia dan alam , hanya bakat  paling unggul paling berharga, alam itu sendiri tidak ada harganya, nilai yang diberikan kepada sumber daya manusia untuk digunakan manusia. Oleh karena itu, bakat adalah penguasa alam, alam hanya akan didominasi oleh obyek aturan. Dari sudut pandang agama, Tuhan adalah pencipta supernatural, Tuhan menciptakan manusia untuk memerintah dan mendominasi alam. Ini adalah apa yang disebut "antroposentris".

 kalangan barat sudah sangat lazim di penaruhi oeh kebudayaan Yunani kuno , filsafat Yahudi, , Yudaisme tradisional.termasuk timur tengah yang sejak dulu memang berkembang sampai k negara-negara Eropa amerika , sampai cara pola berpikirnya , kebudayaan Tionghoa yg tidak lepas filsafat budaya,juga agama dari kebudayaan tionghoa secara bertahap terbentuk dalam proses pengembangan berbagai dinasti secara umum tidak lepas pengaruhi Konfusianisme , Buddhisme dan Taoisme.. Seperti yang kita semua tahu, ini cara intuitionism, karena cara berpikir para pemikir adalah intuisi apalagi di menyangkut Religion sangatt beda ini sejak zaman sejarah dulu.

Konfusianisme sangat berbeda dakam hal ini . Konfusianisme percaya bahwa keberadaan alam semesta adalah yang tertinggi  sebagai sumber alam kehidupan, Tubuh adalah kehidupan. Alam dalam proses menciptakan tujuan hidup, yaitu penciptaan kehidupan adalah pengembangan ke arah yang lebih sempurna tujuan hidup manusia adalah realisasi dari tujuan ini. Karena itu, alam adalah nilai intrinsik, nilai intrinsik alam yang disebut "Tiandi," Langit dan Bumi , juga disebut sebagai "takdir", "Langit dan Bumi jantung biologis", dalam mengapai tujuan akhir dalam hal ini pandangan umum "Surga-diberkahi" . Ini bukan untuk mengatakan bahwa dunia alam benar-benar seperti orang, memiliki hati, perasaan telah memiliki kemauan, Kamu dapat memberikan perintah.  dunia alam semesta "tak berujung" Ini adalah langit dan bumi "hati" tidak benar-benar hati. Proses ini alami, tapi ada determinisme mekanistik directional, reduksionisme tidak bisa menjelaskan. Tujuan utamanya adalah baik atau kebaikan. Kesempurnaan adalah dambaan rakyat, tetapi juga manusia memiliki. Ini adalah tujuan alami dari ajaran Konghucu. Tapi ini tidak berarti, tanpa sifat bencana  misalkan mengalami Kondisi bencana alam, merupakan kesalahan manusia atau kondisi kemunduran.

Konfusianisme tidak hanya untuk menjelaskan fenomena kehidupan di alam, namun  pada masalah hubungan dengan  Tiandi di dunia   "Langit dan Bumi "sebagai jantung dari jantung dunia alam biologis .yang secara umum dengan sebutan  "Tian/Tuhan  -" esensi.

Orang akan merupakan nilai-nilai inti dari Konfusianisme, kebajikan itu. Langit dan bumi " hati, "kebajikan" sebagai  jantung, oleh karena itu, hubungan antara manusia dan alam adalah intrinsik, daripada sifat ekstrinsik tidak hanya mengenali obyek, dan nilai kehidupan manusia adalah akar dari kosmologi. Orang-orang memiliki kesadaran diri yang jelas dan terarah : kehidupan manusia diberikan  alam, dengan kebajikan alam juga diberikan. Karena itu, alam semesta  ini sebagai Jantung, dalam kekaguman alam, misi suci memberdayakan masyarakat untuk melaksanakan hubungan di masyarakat (Ren Dao), yaitu, untuk mencapai kesadaran hati nurani batin, emosi moral,dsb ". Bila dari sudut Teologi bila memang di bahas dan  keseriusan dari jenis yang termasuk dalam iman sebagai cara 'diberikan' negara hidup menjadi ada hati nurani"  Heidegger Seoul tentang teologi, hati nurani memiliki penjelasan sendiri, tidak membahas di sini, tetapi pemahaman ini penting, dan Konfusianisme memiliki beberapa kesamaan. menurut Heidegger, teologi adalah ilmu positif. Konfusianisme bukan sekedar teologis namun, pemahaman Konghucu itu luas maknanya misalkan pemahaman alam semesta dan untuk memahami makna utama dari eksistensi ini menyangkut tentang ke ilahi. Jelas ada makna transenden. Alam di luar tingkat spiritual, yang diakui oleh Konfusianisme  mengacu pada tingkat spiritual luar. Alam di luar tingkat spiritual, bukan berarti mengatakan itu adalah entitas supernatural mutlak, dan tentu saja bukan Tuhan kalangan pemahaman konsep agama samawi . Sesuai dengan pemahaman  alam semesta , melampaui tingkat itu adalah dalam sifat semangat hidup populer di alam material, alam indulgensi luar atap, faktor mental alam material. Alam semesta adalah hidup secara keseluruhan, di mana  melampaui tingkat tidak terpisah, tidak bertentangan, namun bersatu saling melengkapi . Ini adalah prinsip dasar Konfusianisme, dan dualisme Barat benar-benar berbeda. Ini mungkin juga menjelaskan, iman kesucian alami Mengapa menjadi bahan pertimbangan tentang kebajikan itu sendiri, melalui hati nurani, untuk menjadi jati diri budidaya praktek yang memang berbeda menurut sudut pandang .

Nilai inti dari Konfusianisme, kebajikan, maka perlu untuk berlatih dalam kehidupan kebutuhan  kehidupan manusia,  untuk mengembangkan diri dan kebajikan  diikuti oleh rasa hormat  cinta kasih untuk orang lain, itu adalah kepedulian sosial untuk mencapai keharmonisan sosial, bagi setiap orang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, tetapi di samping itu,  tidak berhenti di situ, misi belum selesai. Semua kebajikan bakat, juga harus menjaga hubungan dengan Alam semesta bagaimana menjaga  kelestarian  dan peduli terhadap alam dan semua kehidupan, termasuk tanah bahkan tak bernyawa dari gunung dan sungai. Karena gunung-gunung dan sungai-sungai di bumi adalah pertumbuhan pondasi yang dasar dari semua kehidupan, baik alam, tumbuhan dan hewan, tetapi juga dasar kelangsungan hidup manusia. Ini adalah alam semesta yang lebih luas dalam menjaga hubungan dengan alam  dalam konsep nilai Konfusianisme. Ini adalah kesadaran ekologis yang mendalam, dalam memahami hidup yang sangat mendalam. "Langit dan Bumi organisme secara umum" tidak bersaing atau perbedaan, masing-masing memiliki nilai, bioteknologi adalah sukacita, kemarahan dan emosi lainnya, menjaga, menghormati, perawatan dan perlindungan bagi semua aspek alam kehidupan yang ada di alam semesta secara universal , dalam rangka mencapai kebajikan dari alam langit dan bumi dalam satu "tujuan akhir, adalah esensi dari makna yang ekologis dari semangat Agama Konghucu . maka harus dipahami dalam pengertian dari sifat Agama Konghucu itu sendiri dari berbagai sudut pandang .

Tidak terbatas pada manusia bersifat  ceroboh menaklukkan, menyebabkan kerusakan ekologi yang serius, ancaman langsung bagi kelangsungan hidup manusia di masa krisis, pemahaman baru Konfusianisme dan menyerap nilai spiritual yang sangat penting selain terdapat banyak aspek, termasuk etika, norma, dan ritual
ini hanyalah pendapat pribadi sebagai umat  biasa

 Pemikiran psikologis budaya tionghoa pd 2000 tahun yang lalu ketika filsuf China diperdebatkan tentang kebaikan dan kejahatan dari sifat manusia. Pada abad ke-16 dan ke-17 para misionaris Jesuit memperkenalkan psikologi skolastik Katolik ke China. Psikologi China modern terutama diperkenalkan dari Jerman, Amerika, dan Jepang di awal abad 20. Setelah berdirinya RRC pada tahun 1949, psikologi China mencoba untuk tahap reformasi dengan mengambil psikologi Uni Soviet sebagai model. Selama Revolusi Kebudayaan (1966-1976) psikologi ditinggalkan karena akar Barat. Pada akhir 1970-an psikologi direhabilitasi dan bidang baru dibuka untuk penelitian. Saat ini, psikologi Tionghoa mengadopsi pendekatan multi-dimensi untuk memenuhi tuntutan gerakan modernisasi .

  • Konfusius meninggalkan kita sebuah karya tulisan-tulisan yang sangat banyak. Setelah ia meninggal, murid-muridnya mengumpulkan ajarannya dan ucapan dan dikompilasi dalam sebuah buku yang dikenal sebagai Analects Konghucu . Buku ini menjadi salah satu dari Empat Buku kanonik yang akan diajarkan dan diingat oleh generasi orang Tionghoa di seluruh dinasti yang berbeda di China. Konfusius yang menganjurkan sebuah sistem, hirarki sosial , di mana setiap anggota memiliki peran yang jelas dalam sistem ini. TIDAK (garis bawahi) seperti apa yang umumnya di Barat.

Konghucu memberikan seperangkat pedoman cara hubungan manusia dan interaksi, dan kode perilaku yang tepat untuk kewarganegaraan dalam masyarakat. Dalam ideologi Konfusianisme, keluarga merupakan unit sosial dasar, di mana aturan ayah sebagai otokrat tertinggi. Peran penguasa di negeri ini analog dengan ayah dalam keluarga, dengan otoritas absolut dalam sistem sosial. Sebagai pedoman hidup,yg merupakan suatu sistem kenegaraan yang memungkinkan penguasa untuk mempertahankan masyarakat yang stabil, damai, dan harmonis.

(umumnya ) mengorganisir masyarakat mulai dengan mengutamakan tatanan kosmisnya mengambil manusia dalam pendidikan ,bukan mengutamakan THIAN sebagai pusat dari alam semesta. ~`~`

jadi inget kata-kata ini sebelum mengenal hidup, bagaimana mau mengenal hal setelah mati ? 

mengutamakan/ mengedepankan menjadi seorang JUNZI menjadi prioritas utama , yang mengzi katakan 尽其心者;知其性也;知其性,则知天矣。存其心,养其性,所事天也.(jin qi xin zhe;zhi qi xing ye;zhi qi xing. ce zhi tian yi. cun qi xin, yang qi xing, suo shi tian ye). Mengzi, jin xin 7A. Selami dan hayatii hati dan batinmu,maka dapat menyadari dan memahami hakehat watak sejati yang berada dalam diri sendiri, dengan demikian akan menyadari keberadaan Tian.Bilamana upaya menyelami hati dan batin terus menerus dilakukan akan merawat dan memelihara Watak Sejati, dengan demikian telah mengabdi kepada Tian .~`~