Paham Ru Jiao untuk semua manusia tidak hanya untuk sesama umat khonghucu, jangan sampai ada faham merasakan diri paling benar, paling khonghucu dan murni serta kokati, sikap garang pada umat lain bukan ciri kaum konfucian, seandainya kita berpegang pada asas pengembangan renxing maka sebenarnya siapa saja yang mengembangkan xingnya ia adalah Ru.
Bumi selalu berubah tiada henti dari detik ke-menit, menit ke-jam, dari jam ke-hari dan berubah terus tiada hentinya, perubahan-perubahan yang terjadi dari masa-kemasa, tumbuhan akan semakin besar, satwa terus berpopulasi semakin besar, manusia akan semakin dewasa dan matang dalam segala tindakan, demikian juga berubah mengikuti waktu.
Realitanya sebagian kecil kalangan Tionghoa yang paham, sementara sisanya duduk karena ada misi tertentu kepada kalangan Tionghoa dan bukan memperjuangkan hak identitas budaya kalangan Tionghoa itu. Keracunan ini sudah mencapai tingkat akut, sehingga bagaikan benang kusut, sudah sulit diurai. Hanya dengan pendidikan dan pemahaman yang benar baru unsur perekat itu dapat ditemukan kembali. Ajaran KHONGHUCU yang menjadi perekat pandangan hidup Tionghoa saja, sudah DIKLAIM seakan hanya menjadi satu agama yang artinya kalau umat lain mau mempelajarinya, dia akan dituduh sinkretisme.
yang menjadi pertanyaan apakah sinkretisme ini Sesat { dalam hal menjalani kebudayaan dan tradisi Tionghoa yang bersifat positif ) ?
inilah keprihatinan mendalam yang mendorong setiap orang yang "inti keras" untuk berjuang. Sayangnya seperti saya sebut di awal, inti keras ini pun sebenarnya tidak semuanya memahami. Banyak yang menjadi pelarian baru meskipun ngakunya "penjaga budaya". Saya melihat sejumlah organisasi tao dan ji (dao dan ru, meskipun ada sebagian kecil yang tidak terdistorsi; termasuk juga sebagian kecil sekali budha yang tiongkok) juga ikut mengacaukan dengan "melakukan penyama-nyamaan dengan definisi agama samawi" sehingga mengacaukan pemahaman dari sistem kepercayaan Tionghoa.
paham Ru(儒) maka kata Jiao selain berarti agama atau tuntunan hidup, maka jiao bermakna pendidikan. , esensi kata pendidikan adalah tranformasi maksudnya suatu system yang memungkinkan perubahan dari manusia duniawi menjadi manusisailahiah yang memiliki akhlah terbaik atau shan(善). Pembangunan manusia itu seyogiayanya menyeluruh menvcakup badannya dan juga jiwanya yakni Ren(仁) kemanusiaan , Zhi (智)inteletensia, Li(礼) spiritualitas ,Yi (义)rasa kebenaran dan keadilanl, xin(信) ketulusan jiwa dan Yong (勇) keberanian social , dengan perkataan lain maka keberagaman dalam faham Ru Jiao adalah aktualisasi kemanusiaan , xing (性) adalah interface antara kemanusiaan dan ketuhanan, xing inilah sebenarnya yang 2500 tahun kemudian di kemukakan sebagai spiritual qluotient atau kecerdasan spiritual lebih tepat the utimateinteligelnt, suatu god spot, orang hua(华人)
Bumi selalu berubah tiada henti dari detik ke-menit, menit ke-jam, dari jam ke-hari dan berubah terus tiada hentinya, perubahan-perubahan yang terjadi dari masa-kemasa, tumbuhan akan semakin besar, satwa terus berpopulasi semakin besar, manusia akan semakin dewasa dan matang dalam segala tindakan, demikian juga berubah mengikuti waktu.
Realitanya sebagian kecil kalangan Tionghoa yang paham, sementara sisanya duduk karena ada misi tertentu kepada kalangan Tionghoa dan bukan memperjuangkan hak identitas budaya kalangan Tionghoa itu. Keracunan ini sudah mencapai tingkat akut, sehingga bagaikan benang kusut, sudah sulit diurai. Hanya dengan pendidikan dan pemahaman yang benar baru unsur perekat itu dapat ditemukan kembali. Ajaran KHONGHUCU yang menjadi perekat pandangan hidup Tionghoa saja, sudah DIKLAIM seakan hanya menjadi satu agama yang artinya kalau umat lain mau mempelajarinya, dia akan dituduh sinkretisme.
yang menjadi pertanyaan apakah sinkretisme ini Sesat { dalam hal menjalani kebudayaan dan tradisi Tionghoa yang bersifat positif ) ?
inilah keprihatinan mendalam yang mendorong setiap orang yang "inti keras" untuk berjuang. Sayangnya seperti saya sebut di awal, inti keras ini pun sebenarnya tidak semuanya memahami. Banyak yang menjadi pelarian baru meskipun ngakunya "penjaga budaya". Saya melihat sejumlah organisasi tao dan ji (dao dan ru, meskipun ada sebagian kecil yang tidak terdistorsi; termasuk juga sebagian kecil sekali budha yang tiongkok) juga ikut mengacaukan dengan "melakukan penyama-nyamaan dengan definisi agama samawi" sehingga mengacaukan pemahaman dari sistem kepercayaan Tionghoa.
paham Ru(儒) maka kata Jiao selain berarti agama atau tuntunan hidup, maka jiao bermakna pendidikan. , esensi kata pendidikan adalah tranformasi maksudnya suatu system yang memungkinkan perubahan dari manusia duniawi menjadi manusisailahiah yang memiliki akhlah terbaik atau shan(善). Pembangunan manusia itu seyogiayanya menyeluruh menvcakup badannya dan juga jiwanya yakni Ren(仁) kemanusiaan , Zhi (智)inteletensia, Li(礼) spiritualitas ,Yi (义)rasa kebenaran dan keadilanl, xin(信) ketulusan jiwa dan Yong (勇) keberanian social , dengan perkataan lain maka keberagaman dalam faham Ru Jiao adalah aktualisasi kemanusiaan , xing (性) adalah interface antara kemanusiaan dan ketuhanan, xing inilah sebenarnya yang 2500 tahun kemudian di kemukakan sebagai spiritual qluotient atau kecerdasan spiritual lebih tepat the utimateinteligelnt, suatu god spot, orang hua(华人)
1 komentar:
trinspirasi dari obrolan d gemaku ya bro.. :D
Posting Komentar