Rabu, 25 Juli 2012

apakah bisa manusia tidak bisa dibandingkan dengan seekor burung dalam hal ini ?

 Ajaran Besar
詩云,「緡蠻黃鳥,止于丘隅。」子曰:「於止,知其所止,可以人而不如鳥乎?
 
IV-2 詩云:「緡蠻黃鳥,止于丘隅。」子曰:「於止,知其所止,可以人而不如鳥乎!」

注 (ulasan):

緡,詩作綿。詩小雅綿蠻之篇。緡蠻,鳥聲。丘隅,岑蔚之處。子曰以下,孔子說詩之辭。言人當知所當止之處也。

緡,詩作綿。

Huruf 緡 min2, dalam konteks IV-2 adalah bentuk puitis dari huruf 綿 mian2.

詩小雅綿蠻之篇。

IV-2 berasal dari kitab sajak 詩經 Shi1 Jing1, kumpulan 小雅 - sajak kecil, bagian 都人士之什 dekade Du Ren Shi, bab 綿蠻 Mian Man.

緡蠻,鳥聲。

Frase 緡蠻 Min2 Man2, dalam konteks ini maksudnya adalah suara kicauan burung.

丘隅,岑蔚之處。

Frase 丘隅 qiu1 yu2 (secara literal 丘 qiu1 adalah gundukan, bisa berupa kuburan ataupun bukit; 隅 yu2 adalah sudut), dalam konteks ini maksudnya adalah suatu tempat pegunungan/perbukitan yang diselimuti hutan tebal. (catatan: dengan pengulasan ini, Zhu Xi menegaskan arti frase 丘隅 qiu1 yu2 agar tidak terjadi kerancuan penafsiran)

子曰以下,孔子說詩之辭。

Dari bagian 子曰 seterusnya, adalah ujaran Kongzi tentang sajak "緡蠻黃鳥,止于丘隅".

言人當知所當止之處也。

IV-2 ini menjelaskan bahwa manusia umumnya/semuanya seharusnya mengetahui tempat tinggal yang baik.

berdasarkan pengulasan di atas, maka IV-2 bisa ditafsirkan sebagai berikut

IV-2 詩云:「緡蠻黃鳥,止于丘隅。」子曰:「於止,知其所止,可以人而不如鳥乎!」

Di dalam kitab sajak, kumpulan sajak kecil, bagian dekade Du Ren Shi, bab Mian Man 《詩經》- 《小雅》-《都人士之什》-《綿蠻》, tertulis bahwa:
緡蠻黃鳥, 止于丘隅 - "Min Man, burung
kepodang (Oriole) berkicau, tinggal di pegunungan yang berhutan asri".

Kongzi berujar: "Dalam hal tempat tinggal (tempat untuk berhenti/bermukim), semuanya mengetahui di mana tempat yang baik untuk berhenti/bermukim, apakah bisa manusia tidak bisa dibandingkan dengan seekor burung dalam hal ini ?" (catatan: maksudnya seekor burung saja tahu tempat yang paling baik untuk ditinggali, tentu saja seorang manusia juga akan tahu tempat mana yang seharusnya dijadikan tempat bermukim yang baik)

Ayat yang berhubungan dengan IV-2

《詩經》- 《小雅》-《都人士之什》-《綿蠻》
1.
綿蠻:
綿蠻黃鳥、止于丘阿。
道之云遠、我勞如何。
飲之食之、教之誨之、命彼後車、謂之載之。
 bab 4 da xue, yaitu bab ke 3 bagian penjelasan

Pengulasan Bab IV
IV-1 詩云:「邦畿千里,惟民所止。」
注 (ulasan):
詩商頌玄鳥之篇。邦畿,王者之都也。止,居也,言物各有所當止之處也。
詩商頌玄鳥之篇。
(IV-1) berasal dari kitab sajak詩經 Shi1 Jing1 bab tentang sajak pujian terhadap Shang商頌 Shang1 Song4 bagian "burung hitam/walet" 玄鳥 xuan2 niao3. Keterangan tambahan: Menurut legenda dan catatan Sima Qian, konon suatu ketika di masa purba seekor walet hitam muncul dan menjatuhkan telurnya. Yang kemudian dimakan oleh簡狄Jian3di3, istri kedua dari帝喾 Di4 Ku4. Hal ini kemudian menyebabkan簡狄Jian3di3 melahirkan偰 Xie4, yang kemudian menjadi leluhur keluarga dinasti Shang. Sajak玄鳥 xuan2 niao3 kalimat pertama menceritakan soal ini. Yang menurut penafsiran para cendekiawan jaman dulu apa pun legendanya, yang kelahiran偰 Xie4 yang keturunannya kelak mendirikan dinasti Shang, telah ditentukan oleh Tian.
邦畿,王者之都也。
邦畿 bang1ji1 (wilayah bangsa), adalah wilayah suatu kerajaan/negara.
止,居也,言物各有所當止之處也。
止 zhi3 (berhenti, tinggal, tetap), dalam konteks ini artinya sama dengan居 ju1 yang artinya adalah "tetap" atau menetap, menjelaskan tentang tempat yang sampai kadar tertentu dianggap sebagai tempat menetap bagi segala sesuatu.
berdasarkan pengulasan di atas, maka IV-1 bisa ditafsirkan sebagai berikut
IV-1 詩云:「邦畿千里,惟民所止。」
Di dalam kitab sajak詩經 Shi1 Jing1 bab tentang sajak pujian terhadap Shang商頌 Shang1 Song4 bagian "walet" 玄鳥 xuan2 niao3 tercatat bahwa: "rakyat lebih suka menetap di negara yang wilayahnya memiliki luas ribuan li".
ayat yang berhubungan dengan IV-1
詩經-商頌
玄鳥:
天命玄鳥、降而生商、宅殷土芒芒。
古帝命武湯、正域彼四方。
方命厥后、奄有九有。
商之先后、受命不殆、在武丁孫子。
武丁孫子、武王靡不勝。
龍旂十乘、大糦是承。
邦畿千里、維民所止、肇域彼四海。
四海來假、來假祁祁、景員維河。
殷受命咸宜、百祿是何。
=========================================
IV-2 詩云:「緡蠻黃鳥,止于丘隅。」子曰:「於止,知其所止,可以人而不如鳥乎!」
注 (ulasan):
緡,詩作綿。詩小雅綿蠻之篇。緡蠻,鳥聲。丘隅,岑蔚之處。子曰以下,孔子說詩之辭。言人當知所當止之處也。
緡,詩作綿。
Huruf緡 min2, dalam konteks IV-2 adalah bentuk puitis dari huruf 綿 mian2.
詩小雅綿蠻之篇。
IV-2 berasal dari kitab sajak詩經 Shi1 Jing1, kumpulan 小雅 - sajak kecil, bagian都人士之什 dekade Du Ren Shi, bab 綿蠻 Mian Man.

緡蠻,鳥聲。
Frase緡蠻 Min2 Man2, dalam konteks ini maksudnya adalah suara kicauan burung.
丘隅,岑蔚之處。

Frase丘隅 qiu1 yu2 (secara literal 丘 qiu1 adalah gundukan, bisa berupa kuburan ataupun bukit; 隅 yu2 adalah sudut), dalam konteks ini maksudnya adalah suatu tempat pegunungan/perbukitan yang diselimuti hutan tebal. (catatan: dengan pengulasan ini, Zhu Xi menegaskan arti frase丘隅 qiu1 yu2 agar tidak terjadi kerancuan penafsiran)
子曰以下,孔子說詩之辭。

Dari bagian 子曰 seterusnya, adalah ujaran Kongzi tentang sajak "緡蠻黃鳥,止于丘隅".
言人當知所當止之處也。
IV-2 ini menjelaskan bahwa manusia umumnya/semuanya seharusnya mengetahui tempat tinggal yang baik.
berdasarkan pengulasan di atas, maka IV-2 bisa ditafsirkan sebagai berikut
IV-2 詩云:「緡蠻黃鳥,止于丘隅。」子曰:「於止,知其所止,可以人而不如鳥乎!」
Di dalam kitab sajak, kumpulan sajak kecil, bagian dekade Du Ren Shi, bab Mian Man 《詩經》- 《小雅》-《都人士之什》-《綿蠻》, tertulis bahwa:
緡蠻黃鳥, 止于丘隅 - "Min Man, burung Oriole berkicau, tinggal di pegunungan yang berhutan asri".
Kongzi berujar: "Dalam hal tempat tinggal (tempat untuk berhenti/bermukim), semuanya mengetahui di mana tempat yang baik untuk berhenti/bermukim, apakah bisa manusia tidak bisa dibandingkan dengan seekor burung dalam hal ini ?" (catatan: maksudnya seekor burung saja tahu tempat yang paling baik untuk ditinggali, tentu saja seorang manusia juga akan tahu tempat mana yang seharusnya dijadikan tempat bermukim yang baik)

Ayat yang berhubungan dengan IV-2
《詩經》- 《小雅》-《都人士之什》-《綿蠻》
1.
綿蠻:
綿蠻黃鳥、止于丘阿。
道之云遠、我勞如何。
飲之食之、教之誨之、命彼後車、謂之載之。




Nara sumber : 
余勇德

Senin, 23 Juli 2012

天命之謂性, 率性之謂道, 修道之謂教.

Zhong Yong :
天命之謂性, 率性之謂道, 修道之謂教.


 penjelasan kalimat di atas

命,猶令也。性,即理也。天以陰陽五行化生萬物,氣以成形,而理亦賦焉,猶命令也。於是人物之生,因各得其所賦之理,以為健順五常之德,所謂性也。率,循也。道,猶路也。人物各循其性之自然,則其日用事物之間,莫不各有當行之路,是則所謂道也。脩,品節之也。性道雖同,而氣稟或異,故不能無過不及之差,聖人因人物之所當行者而品節之,以為法於天下,則謂之教,若禮、樂、刑、政之屬是也。蓋人之所以為人,道之所以為道,聖人之所以為教,原其所自,無一不本於天而備於我。學者知之,則其於學知所用力而自不能已矣。故子思於此首發明之,讀者所宜深體而默識也。


 命,猶令也。

huruf 命 (ming4: nasib, perintah), dalam konteks ini artinya adalah sama dengan huruf 令 (ling4: perintah, membuat)
Zhu Xi mempertegas arti huruf 命 agar tidak ada kerancuan arti



 性,即理也。
性 xing4, adalah 理 li3 prinsip, yaitu prinsip / jati diri.

 天以陰陽五行化生萬物,氣以成形,而理亦賦焉,猶命令也

Segala sesuatu lahir karena 天 tian1 berdasarkan yin yang (dualisme) wu xing (lima elemen), bentuk terjadi karena 氣 qi memadat, dan semuanya yang tadinya kosong (hanya bentuk belaka) kemudian juga mengandung 理 li (prinsip alami), inilah yang dimaksudkan dengan 命令 ming4 ling4.


 jadi menurut pengualasan ini 天命 tianming adalah
- terciptanya segala sesuatu berdasarkan pergerakan yinyang (dualisme) dan wuxing (lima elemen)
- bentuk-bentuk fisik terjadi karena qi yang memadat
- dalam bentuk2 fisik ini kemudian terkandung suatu prinsip alami atau li



 sekarang tentang xing

於是人物之生,因各得其所賦之理,以為健順五常之德,所謂性也。

Karenanya (karena proses tianming di atas) karakter manusia itu ada, hasil dari semua li/prinsip (yang terkandung dalam manusia) yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri, yang karena semuanya berkembang mengikuti kebajikan wuchang (ren li yi zhi xin), maka dinamakan sebagai 性 Xing4.


  jadi xing menurut pengulasan ini adalah konsekuensi dari proses tianming di atas di mana
- setiap bentuk fisik mengandung li, termasuk manusia
- dan li yang terkandung dalam manusia ini masing2 memiliki peranan tersendiri
- di mana semua li dalam manusia pada dasarnya mengikuti prinsip 5 kebajikan yaitu ren yi li zhi xin


 率,循也。

huruf 率 (bisa dilafalkan lv4, shuai4, lve, masing2 pefalalan memiliki arti berbeda), dalam konteks ini adalah sama dengan huruf 循 xun2
dalam hal ini Zhu Xi menegaskan arti huruf 率 dan pelafalannya yaitu shuai4 dengan arti sama dengan huruf 循 xun2 (mengikuti)


 道,猶路也
道 dao4, dalam konteks ini artinya adalah sama dengan lu4 yaitu jalan


 人物各循其性之自然,則其日用事物之間,莫不各有當行之路,是則所謂道也。

karakter manusia semuanya mengikuti alamiahnya xing (yaitu ren yi li zhi xin), menjalani proses kehidupan sehari-hari, yang semua orang (tidak ada seorangpun) berpikir inilah jalan/caranya melakukan, semuanya ini disebut sebagai 道 dao4


  jadi menurut pengulasan ini, dao dalam konteks 率性之謂道 dijelaskan sebagai berikut
- sebuah proses di mana perkembangan karakter manusia mengikuti jalur alamiahnya xing, yaitu ren yi li zhi xin
- sebuah proses menjalani kehidupan sehari-hari
- sebuah cara/jalan melakukan/berbuat/berperilaku/hidup yang tidak seorangpun tidak menerimanya


 脩,品節之也。

huruf 脩 xiu2, artinya adalah karakter yang secara terus menerus bermoral/berkebajikan
melatih/memelihara keteguhan diri untuk berkebajikan


 性道雖同,而氣稟或異,故不能無過不及之差,聖人因人物之所當行者而品節之,以為法於天下,則謂之教,若禮、樂、刑、政之屬是也。

性道 xing4 dao4 / proses alamiah / jalannya xing walaupun sama, tetapi qi (kualitas diri) tidaklah sama, karenanya manusia tidak pernah terlepas dari kelebihan dan kekurangan

yang diajarkan shengren (Kongzi) sebagai cara hidup dan melatih diri untuk berkebajikan, ditujukan untuk mengatur dunia, ini disebut sebagai 教 jiao4 (ajaran)
sedangkan tata susila ritual, kesenangan, hukuman, ini adalah wewenang pemerintahan.


 蓋人之所以為人,道之所以為道,聖人之所以為教,原其所自,無一不本於天而備於我。

yang mencakup manusia adalah untuk bagaimana menjadi manusia, (yang tentang) dao adalah sebagai pedoman menjalaninya (menjalani dao), yang diajarkan shengren adalah jiao, semuanya memiliki sumber, tidak ada satupun yang tidak berasal dari tian, dan semuanya sebenarnya telah dimiliki oleh diri kita


 學者知之,則其於學知所用力而自不能已矣。
para terpelajar apabila memahami prinsip-prinsip di atas, akan mengetahui harus bagaimana dan di mana mengerahkan tenaga untuk mempelajarinya, dan tidak boleh seenaknya (berhenti atau patah arang)


 故子思於此首發明之,讀者所宜深體而默識也。
karenanya sejak dulu, inti pemikiran (kalimat pertama tian ming zhi wei xing....) terletak di bagian awal, untuk dipahami terlebih dahulu, yang hendak mempelajarinya (lit: yang membacanya) seharusnya menghayatinya secara mendalam dan menghapalnya dalam hati











Senin, 02 Juli 2012

Tian Li (hukum Tian) itu hukum sebab akibat???

*Tian Li tidak sama dengan hukum sebab akibat.
* Tapi hukum sebab akibat adalah salah satu dari Tian Li.
 Secara singkat, Tian Li adalah prinsip hukum alam semesta. Prinsip bagaimana sifat inheren alam semesta ini dan cara kerjanya.Yang banyak membahas Li adalah Lixue, salah satu aliran pemikiran Ru yang memang ada pengaruh dari Dao dan Fo.Perlu diketahui, setelah dinasti Han runtuh, supremasi Ru terancam oleh Fo dan Dao.Jaman Tang, Fo dan Dao berebut posisi di rakyat. Ru hanya sebatas pejabat negara dan ujian kerajaan.
 Sebagai respon, tokoh Ru dimulai oleh Zhou Dunyi cs lalu ke murid mereka Cheng bersaudara kemudian menghasilkan Zhuxi dan Wang Yanming. Lixue adalah alirannya Zhuxi.yang dimaksud itu 天理 .
 karena merupakan respon terhadap Fo/Shi dan Dao, jangan heran kalau "reformasi Ru" di jaman Song ini terkena pengaruhnya, walau menyamakan 天理 dengan hukum sebab akibat itu ibarat mengatakan 100 itu sama dengan 1


Rabu, 20 Juni 2012

Di masa Kongzi ada yang namanya marga dan klan

Di masa Kongzi ada yang namanya marga dan klan. Marga sama klan bisa beda. Misalnya marga Ji, sebagai marga purba punya banyak klan. Dan selama masih sama, terutama klan, artinya masih bersaudara.

Dalam dinamika waktu, sistem klan tidak ada lagi, dan klan berkembang jadi marga baru. Walau bagi yang tahu, beberapa marga masih satu leluhur berasal dari marga yang sama.

Kemudian sistem marga berubah, ada sistem adopsi marga oleh suku non Huaxia yang kemudian bergabung menjadi Huaxia. Juga ada anugerah marga baru oleh penguasa, misalnya marga saya diberikan oleh adipati Mu kerajaan Qin kepada leluhur pertama marga saya yang berasal dari negeri Jin sebelum pecah jadi Zhao Wei Han.

Lalu ada yang namanya migrasi penduduk. Sekali lagi contoh marga saya. Walau asalnya dari Shanxi jaman Qin, kuil leluhur saya ada di desa Guanping kabupaten Meixian. Dan generasi saya adalah yang ke 19. Karena leluhur saya mengungsi dari utara ke selatan dan kemudian menetap di Meixian kurang lebih 20-30 generasi yang lalu atau 400-500 tahun yang lalu.

Semua hal ini, ditambah dinamika waktu selama perantauan ke nanyang, membuat aturan larangan menikah satu marga menurut saya sudah kurang relevan.

Jaman sekarang satu marga belum tentu satu keluarga, belum tentu satu kuil leluhur, jaraknya mungkin sudah sangat jauh. Juga pernikahan antar sepupu dan antar keluarga awam terjadi.


 Kongzi, Kong itu awalnya klan.,dan  leluhur kongzi itu marganya "cu"  
Cu adalah lafal minnan/hokkian lafal putonghuanya adalah Zi (子), Kongzi adalah salah satu keturunan dari dinasti Shang

di jaman itu praktek umum adalah mewariskan marga/Xing kepada pewaris tahta, keturunan yang bukan pewaris tahta diberi nama klan/shi

Kong adalah nama klan
jadi Kongzi berasal dari keturunan dinasti Shang yang tidak mewarisi tahta, yang kemudian diberikan nama klan/shi 氏 Kong , Qiu adalah nama kecil. Nama dewasa adalah Zhongni. Klannya Kong dari marga Zi.., Zi dalam Kongzi bukan marga, tapi imbuhan untuk para leluhur yang dianggap guru agung.  Zi sebagai marga dan Kong sebagai klan.





 Fuzi bukan sekedar guru, tapi guru yang sudah dianggap bagaikan orang tua sendiri. Tradisi ini ada dalam Ru. Misalnya Zhu Xi menyebut Chengzi dengan Fuzi. Begitu juga Kongzi disapa Fuzi oleh murid2nya. tradisi aliran lain pakai terminologi 师父 shifu.

KESETARAAN dan BERBAKTI

Mengzi.. " 不孝有三, 無後為大 " 不孝有三, 無後為大 ". Selain melihat bahwa tidak memiliki anak sebagai penerus adalah tidak berbakti karena tidak bisa meneruskan cita-cita dan karya orangtua
banyak anggapan dan persepsi di masyrakat bahwa  Jika tidak punya anak, dianggap tidak berbakti"
無 後 wu hou artinya tidak ada pelanjut keturunan, huruf 後 hou = keturunan, bersifat netral tidak menetapkan laki-laki atau perempuan. Dalam ayat ini tidak mengandung Gender sama sekali. Tentang marga (xing) jika melihat huruf aslinya seharusnya marga ibu yang di bawa. Ketentuan marga laki-laki yg telah membudaya, itu hasil karya manusia untuk menata tatanan kehidupan manusia. Jadi sama sekali tidak benar jika hanya punya anak perempuan , lalu dianggap tidak berbakti.
 
 Dalam kosmologi Yin Yang dari Tiongkok (bangsa Timur), sudah jelas adanya kesetaraan gender yakni yin (wanita) dan yang (pria). Mereka memiliki peran masing2 dan bukan saling kontradik (berlawanan) melainkan komplementer (saling melengkapi). Tidak perlu dipertajam konsep/gerakan emansipasi/feminisme yang dipromosikan dan diperjuangkan bangsa Barat. Manakala wanita (yin) menuntut perubahan hak dan mau mengambil porsi/peran pria (yang), dunia akan dalam ketidakseimbangan. Keluarga menjadi tidak harmonis dan malah bisa berakibat bubarnya sebuah keluarga. Contoh, maaf, saya juga mengamati bagaimana banyak wanita bekerja di luar (harusnya lebih konsentrasi ke dalam rumah) dan berusaha menjadi penghasil keuangan keluarga di pabrik2 rokok, sementara sang suami diam di rumah dan mengurusi rumah (memasak, mengantar istri ke tempat kerja, mengasuh anak) di mana seharusnya mereka bekerja di luar, maka akan timbul kesalahan peran dan dunia seakan terbalik. Ujung-ujungnya, banyak masalah akan timbul seperti sang suami merasa rendah diri yang juga bisa mengakibatkan sang suami mencari pelarian, berselingskuh karena waktunya berlebihan, tenaganya belum teroptimmalkan, dll. Maka kesetaraan gender itu harus dipahami sebagai pembagian peran, bukan mengambil peran yang seharusnya bukan perannya.ajaran Shengren Kongzi yang memberikan pemahaman tentang kosmologi dalam kaitannya dengan hubungan-hubungan alamiah pada setiap bagian kosmis secara Universal baik hubungan manusia ,alam serta lingkungan . Aturan-aturan atau hukum-hukum kosmis merupakan harmoni antara setiap bagian kosmis dengan keseluruhan. Untuk menggerakkan kosmis secara harmonis diperlukan chi (energi) yin-yang, yang dipahami sebagai energi negatif-positif. Yin-yang membawa sifat sifat yang dipersonifikasikan pada sifat manusia.
 Dalam cerita  Shengren Kongzi, knapa meski telah memiliki 9 anak perempuan dan seorg anak laki yg cacat, tetap dianggap tdk dapat menjadi / tdk ada penerus kurun marga ?
Bagaimana bila kebetulan suami istri meski telah berusaha, tetap tdk memiliki anak, apakah ini bisa dianggap tidak berbakti ?
 Budaya/adat istiadat serta norma  suatu hal yang alamiah  ketika berlaku sytem yang berlaku pada zaman dahulu ketika  ayah Kongzi (Siok Liang Hud)  jika seseorang tidak mengikuti budaya/adat istiadat dimana ia hidup, tentu hidupnya tidak akan merasa nyaman. Demikian pula masalah kekuasaan/raja selalu berusaha diturunkan kpd anak laki-lakinya, ini juga adalah suatu aturan yang berlaku dalam adat istiada yang berlaku , maka perlu dibuat juga suatu aturan bahwa seorang anak laki-laki secara otomatis akan membawa nama marga ayahnya. Jadi Nama marga sama sekali BUKAN hal yg berhubungan dgn BAKTI.
 kalimat diatas ini bisa diartikan bahwa adopsi anak juga bisa dianggap sbg pelanjut keturunan (bila telah berusaha tetap tdk dikaruniai anak) ?
  Bakti tidak semata-mata karena asal usul / marga yang sama. Saya menjadi saksi sebuah bentuk bakti dari seorang perempuan yang "dibuang" ibu kandungnya dan diasuh ibu angkat. Beliau sangat berbakti pada ibu angkatnya dan malah terhadap ibu kandungnya sendiri, dia tidak ada perasaan apa-apa. Contoh lain Bakti yang tidak berhubungan dengan asal usul/darah/marga ialah bakti pada negara. Banyak sekali orang Tionghoa tidak memiliki perasaan apapun pada negeri leluhurnya RRT, malah berbakti pada negeri kelahirannya, Indonesia. bahwa 後/ 后 hou artinya "offspring" atau orang-orang generasi belakangan seperti anak/cucu. Tidak peduli anak laki atau perempuan, yang penting punya anak yang bisa meneruskan cita-cita dan karya orangtua. Dan memang 姓 xing marga, hurufnya di depannya menunjukkan 女perempuan. Awal kebudayaannya berdasarkan matrilinial (berdasarkan garis/marga ibu), lalu berkembang menjadi patrilinial (berdasarkan garis/marga) ayah. Pertanyaan lanjutnya, kenapa ada pribahasa 重男轻女(zhong nan qing nv) yaitu lebih memberatkan anak lelaki daripada wanita, itu semata-mata kondisi saat itu dimana Tiongkok adalah negara agraris dan tenaga yang dimiliki pria lebih besar daripada wanita sehingga memiliki anak laki-laki dirasa lebih bermanfaat daripada wanita karena anak lelaki bisa membantu membajak sawah, bertani, dan sebagainya. Dengan perubahan semuanya (industri, tehnologi, dll) maka kehadiran lelaki menjadi sama seperti wanita seperti yang tergambar dalam simbol kosmologi yin-yang. Yang penting, meski demikian, wanita haruslah tetap pada kodratnya yin (lembut, di dalam, pasif, dll) dan pria kodratnya yang (perkasa, di luar, aktif, dll). Jangan dibolak-balik sehingga wanita menjadi kepala rumah tangga yang mencari nafkah di luar demi menghidupi suami yang mengasuh anak.
 tentang 'Pelanjut Keturunan' dan hubungannya dengan 'Bakti'. Orang yg tidak berbakti adalah orang yg tidak mempunyai pelanjut keturunan. Dlm dunia kedokteran modern banyak hal yg menyebabkan tidak memiliki keturunan ini, yg jelas pasti ada penyebabnya. Penyebab inilah yg harus disadari kenapa sampai begitu ? Karena secara normal manusia itu bisa mempunyai anak. Maka dlm kitab bakti ditekankan untuk menjaga dan memelihara tubuh kita. Dari rambut, kulit, tubuh dan anggota badan adalah pemberian orang tua, menjaga dan memelihara tubuh kita inilah awal dari bakti. Salah satu penyebabnya mungkin kurang atau tidak menjaga dan memelihara tubuh kita. Adopsi anak tidak bisa dikatakan berbakti, krn bukan darah keturunan sendiri. Tentang marga Nabi Kongzi sendiri asal mulanya bukan marga Kong. Ayah Kongzi adalah Kong Shu Liang He, Kong Shu Liang He anak dari Kong Bo Xia, Ayah Kong Bo Xia adalah Kong Fang Shu. Kong Fang Shu adalah anaknya Mu Jin Fu, ayah Mu Jin Fu adalah Kong Fu Jia. Kong Fu Jia inilkah yg pertama kali menggunakan nama marga Kong, yg sbenarnya berasal dari keturunan Wei Zi Qi, kakak dari Raja Cheng Tang dari dinasti Shang. Demikian juga dgn Zhou Wen Wang nama aslinya adalah Ji Chang, Zhou Wu Wang nama aslinya adalah Ji Fa, Pangeran Zhou nama aslinya adalah Ji Dan. Jadi nama "marga" itu adalah aturan yg dibuat oleh manusia. Jadi yg dinamakan pelanjut keturunan itu bukanlah dalam pengertian nama 'marga' seperti anggapan kita yg sdh benar2 membudaya, jadi kalau ngga punya anak laki2 dianggapnya ngga berbakti, anggapan ini adalah salah. Penjelasannya sangat rumit dan ini butuh pemahaman yg sedikit agak mendalam.itulah Hukum Tian, hukum sebab akibat. Hukum Tian ini pasti dan tidak beubah. Terkadang akibat ulah perbuatan orangtua kita atau kakek nenek kita, yang menerima akibatnya kita sbg anak (mis. menjadi mandul). Kita bisa mengatakan ' kayaknya ngga fair' karena kita sbg penerima akibat, coba sekarang kita berpikir terbalik, terpikirkah perbuatan2 kita yg sekarang adalah utk kepentingan anak2 keturunan kita ? Benarkah kita sdh menjaga dan memelihara tingkah laku dan perbuatan kita demi menjaga dan memperbaiki keturunan kita ? Harus kita akui bahwa setiap perbuatan kiita belum tentu dapat terkontrol dgn baik. Pada akhirnya kita tetap hrs menerima apa adanya bahkan hrs tetap mensyukuri dan tetap berusaha. Yg penting kita hrs siap MEMBINA DIRI hidup yg benar. Karena berbakti pada orang tua itu tidak HANYA mempunyai anak, masih banyak dan sangat luas objek2 menjalan kan bakti. Jangan menggerutu pd Tian dan jangan menyalahi sesama.Kita hrs membedakan persoalannya, apa dan siapa yg berbakti ? Bakti adalah bentuk CINTA KASIH kpd orang tua, bakti adalah kewajiban ANAK. Jika seorang anak pungut menjalankan bakti kepada ayah angkatnya, itu adalah hal yg wajar, apalagi dididik dgn kasih sayang, dibesarkan, disekolahkan dsb.Tapi bagi sang ayah (orangtua) angkat dlm batinnya, dalam hati kecilnya masih merasakan bhw ini bukan anak yg sebenarnya, ini bukan darah keturunannya. Namun dlm hal ini kita hrs menyadari pula bahwa manusia tidak boleh larut dlm perasaan berdosa/bersalah ia hrs meminimalisirnya perasaan ini dgn berusaha, bisa mengangkat anak, atau mengambil anak dari saudaranya, atau berusaha mell medis, bahkan jaman sekarang bisa dgn bayi tabung (tentu utk yg berduit). Dan yg lebih ekstrim kawin lagi. Egoisnya manusia disatu sisi ingin menjalankan kebaikan bakti, disisi lain membuat penderitaan istri pertamanya. Seorang Junzi melakukan perbuatan utk kebaikan semua. Jadi sah2 saja jika mengangkat anak pungut. Saya percaya manusia memiliki Kebijaksanaa dlm menghadapi persoalan, dgn demikian p0asti mampu menyelesaikan masalah ini. Anak hanya bagian kecil dari masalah BAKTI. Tanpa anak manusia masih bisa melanjutkan cita-cita mulia orang tuanya. Tidak punya pelanjut keturunan bukan berarti harga MATI kita tidak bisa menjalankan BAKTI. Salah besar. ajaran Shengren Kongzi yang memberikan pemahaman tentang kosmologi dalam kaitannya dengan hubungan-hubungan alamiah pada setiap bagian kosmis secara Universal baik hubungan manusia ,alam serta lingkungan . Aturan-aturan atau hukum-hukum kosmis merupakan harmoni antara setiap bagian kosmis dengan keseluruhan. Untuk menggerakkan kosmis secara harmonis diperlukan chi (energi) yin-yang, yang dipahami sebagai energi negatif-positif. Yin-yang membawa sifat sifat yang dipersonifikasikan pada sifat manusia. inti pengajarannya pada proses pencapaian harmoni sosial, yang dalam hal ini adalah hubungan harmoni antar individu (manusia). Pencapaian harmonisasi sosial ini melalui proses belajar, yang bertujuan untuk menjadi manusia yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang sebenarnya.
 
Ctt rangkuman  

Sabtu, 16 Juni 2012

Makna Wei De Dong Tian 惟德動天

大禹謨:
三旬,苗民逆命。益贊于禹曰:「惟德動天,無遠弗屆。滿招損,謙受益,時乃天道。帝初于歷山,往于田,日號泣于旻天,于父母,負罪引慝。祗載見瞽瞍,夔夔齋慄,瞽亦允若。至諴感神,矧茲有苗。」


 Wei De Dong Tian  diambil dari Shujing atau Shangshu, kitab dokumen/sejarah
yaitu di buku mengenai Yu 《虞書 - Yu Shu》


 《虞書 - Yu Shu》 = buku perkiraan
dalamnya ada bab mengenai
- 《堯典 - Canon of Yao》 = bab kaisar Yao
- 《舜典 - Canon of Shun》 = bab kaisar Shun
- 《大禹謨 - Counsels of the Great Yu》 = bab mengenai permintaan nasehat dari Da Yu kepada kaisar Shun



 selain itu ada bab2 lain, tapi tidak perlu disebutkan dalam konteks ini

Wei De Dong Tian 惟德動天 itu adanya di 《大禹謨 - Counsels of the Great Yu》
intinya begini, menurut kitab sejarah (Shujing) kepemimpinan masa purba itu
dari Yao - Shun turun diwariskan ke Yu

nah di bagian 《大禹謨 - Counsels of the Great Yu》 mencatat tentang bagaimana Da Yu menerima tahta dari kaisar Shun, dan kemudian menerima nasehat2nya

dicatat juga di bab itu ada sebagian orang yang disebut dengan 苗民 orang Miao yang tetap membangkang tidak menerima pemerintahan Da Yu setelah lebih 30 tahun dia berkuasa,

untuk mengatasi hal ini kaisar Da Yu tadinya mau mengadakan ekspedisi militer, tetapi dicegah oleh penasehatnya yang bernama Yi dengan mengatakan bahwa

Wei De Dong Tian 惟德動天
Hanya Kebajikan-lah Yang Bisa Menggerakkan Tian
dengan memberikan contoh kisah hidup kaisar Shun yang kebajikannya menggerakkan langit

maka dengan itu, daripada melakukan gerakan militer, seharusnya kaisar Da Yu lalu menetapkan mengembangkan pengaruh kedamaian yang dibawa pemerintahannya dan menggelar tarian selama 70 hari dan kemudian pemimpin orang Miao datang menyatakan takluk kepada Da Yu


 大禹謨:
三旬,苗民逆命。益贊于禹曰:「惟德動天,無遠弗屆。滿招損,謙受益,時乃天道。帝初于歷山,往于田,日號泣于旻天,于父母,負罪引慝。祗載見瞽瞍,夔夔齋慄,瞽亦允若。至諴感神,矧茲有苗。」

大禹謨:
禹拜昌言曰:「俞!」班師振旅。帝乃誕敷文德,舞干羽于兩階,七旬有苗格。


karenanya terjemahan Wei De Dong Tian 惟德動天  adalah "Hanya Kebajikan-lah Yang Bisa Menggerakkan Tian"



咸有一德

"(keduanya)/semuanya memiliki kebajikan yang sama"

yang dimaksudkan dengan "keduanya" adalah Shang Tang pendiri dinasti Shang dan Yi Yin 伊尹

Yi Yin 伊尹 dulunya adalah budak mertua Shang Tang, kemudian setelah Shang Tang menikah, Yi Yin 伊尹 diberikan mertuanya kepada Shang Tang. Yi Yin 伊尹 ini pintar memasak dan menjadi koki pribadi Shang Tang.

Suatu ketika Yi Yin 伊尹 sengaja memasak makanan yang hambar dan tidak berasa, yang membuat Shang Tang memanggilnya untuk minta penjelasan. Yi Yin 伊尹 kemudian memberikan contoh bagaimana seharusnya seorang raja memerintah dengan menjelaskan cara memasak dan sengaja mencontohkan bagaimana apabila seorang raja salah memerintah, seperti masakan yang tidak berasa dan tidak bisa dimakan. Ia juga mengusulkan kepada Shang Tang untuk mengakhir periode tirani raja dinasti Xia yang terakhir (raja Jie). Hal ini membuat Yi Yin 伊尹 mendapatkan kepercayaan Shang Tang, dan berdua mereka bahu membahu meruntuhkan dinasti Xia dan mendirikan dinasti Shang mewujudkan Tian Ming untuk memerintah.

kalimat "咸有一德"
berasal dari kitab dokumen/kitab sejarah 《尚書 - Shang Shu》 bagian buku dinasti Shang 《商書 - Shang Shu》 (huruf Shang-nya berbeda), bab 《咸有一德》
 
咸有一德:
伊尹既復政厥辟,將告歸,乃陳戒于德。曰:「嗚呼!天難諶,命靡常。常厥德,保厥位。厥德匪常,九有以亡。夏王弗克庸德,慢神虐民。皇天弗保,監于萬方,啟迪有命,眷求一德,俾作神主。惟尹躬暨湯,咸有一德,克享天心,受天明命,以有九有之師,爰革夏正。非天私我有商,惟天祐于一德;非商求于下民,惟民歸于一德。德惟一,動罔不吉;德二三,動罔不凶。惟吉凶不僭在人,惟天降災祥在德。今嗣王新服厥命,惟新厥德。終始惟一,時乃日新。任官惟賢材,左右惟其人。臣為上為德,為下為民。其難其慎,惟和惟一。德無常師,主善為師。善無常主,協于克一。俾萬姓咸曰:『大哉王言。』又曰:『一哉王心』。克綏先王之祿,永厎烝民之生。嗚呼!七世之廟,可以觀德。萬夫之長,可以觀政。后非民罔使;民非后罔事。無自廣以狹人,匹夫匹婦,不獲自盡,民主罔與成厥功。」


 latar belakang bab ini bersambung dari bab Tai Jia 太甲 yang terdiri dari tiga bab yaitu 太甲上 - Tai Jia I,  太甲中 - Tai Jia II,  太甲下 - Tai Jia III

 bab Tai Jia ini bercerita tentang periode pemerintahan cucu Shang Tang, yaitu kaisar Tai Jia dari dinasti Shang
 menurut kitab sejarah, setelah Shang Tang mangkat, beliau digantikan oleh kedua anaknya, tetapi keduanya juga mangkat dalam waktu singkat

tahta kemudian diwariskan oleh cucu Shang Tang yang bergelar kaisar Tai Jia (terlahir: Zi Zhi 子至)


 dalam bab Tai Jia dalam kitab sejarah diceritakan bahwa di awal pemerintahan kaisar ini, Yi Yin memberikannya 3 tulisan mengenai bagaimana cara memerintah dengan arif dan bijaksana

awalnya, kaisar Tai Jia menjalankan pemerintahan sesuai nasihat Yi Yin, tetapi kemudian setelah tiga tahun dia mulai berubah, tidak lagi menjalankan nasihat Yi Yin, memerintah seenaknya, bertindak laku kejam kepada rakyat dan bawahannya, berfoya-foya menghabiskan harta negara dan dinasti Shang yang baru lahir dengan perjuangan keras kakeknya dan Yi Yin terancam bubar

hal ini kemudian membuat Yi Yin memenjarakan kaisar Tai Jia, dia diasingkan di kuburan kakeknya agar kaisar Tai Jia bisa merenungi segala kesalahannya dan merubah diri

setelah 3 tahun, Yi Yin kemudian menjemput kaisar Tai Jia dan mengembalikan kekuasaan pemerintahan kepada dia

bab 咸有一德: ini menceritakan tentang bagaimana Yi Yin setelah 3 tahun mengembalikan kaisar Tai Jia ke tampuk pemerintahan

 jadi kesimpulannya, 咸有一德 terjemahannya adalah "semuanya memiliki kebajikan yang sama"

dengan aslinya di kitab sejarah, dimaksudnya "semuanya" itu adalah cuma dua orang yaitu Shang Tang dan Yi Yin

 nb:
kisah Yi Yin dan Tai Jia di atas adalah menurut versi kitab sejarah Shang Shu yang bersifat optimis dan dikutip oleh banyak catatan sejarah lainnya seperti Shiji oleh Sima Qian, Mengzi, Zuo Zhuan

di catatan sejarah alternatif seperti 竹書紀年; Zhúshū Jìnián, kisah Yi Yin dan Tai Jia tidak seideal di atas, tetapi adalah kisah perebutan kekuasaan berdarah yang berlangsung selama 7 tahun, dan Yi Yin akhirnya mati di tangan kaisar Tai Jia


Wei De Dong Tian 惟德動天

dan

Xian You Yi De 咸有一德

 kombinasi salam yang BAIK

ASALkan.... artinya dipahami dan maknanya 


ini dalam konteks dunia mereka yang selalu penuh perang, kata "salam" / damai ini sangat penting dan jadi dambaan setiap insan
 Bagaimana ketika ada seorang muda berkunjung kerumah seorang tua, dan si orang muda ini memberikan pai sambil mengucapkan salam wei de dong tian kepada si orang tua tsb. apakah sesuai atau layak dgn situasi kondisi dan makna yg sebenarnya..?

 sebenarnya suatu tata susila berlaku apabila komunitasnya memberlakukan

salam wei de dong tian dan xian you yi de, tidak akan anda temui misalnya di komunitas lainnya

secara budaya, orang tionghua memiliki salam yaitu soja atau gongshou, ucapan waktu soja di jaman dulu tidak diperlukan, tapi di jaman sekarang orang soja suka sapa "ni / nin hao" sapaan balasan juga soja dengan ucapan yang sama "ni / nin hao"

kalau di komunitas memberlakukan aturan salam wei de dong tian dan xian you yi de, yah itu kembali ke masing2 individu dalam komunitas itu, apakah mau menjalaninya ?


soja = gongshou = pai

tambahan, kalau anak mudanya satu aliran dengan si orang tua yang sama2 mengamini salam wei de dong tian xian you yi de, yah tidak ada salahnya melakukan salam demikian

seperti "assalamwalaikom, wassalamwalaikom" "shalom" "namo buddhaya"

cuma secara umum, "ni/nin hao" lebih tepat guna, lintas komunitas


ctt: , nara sumber

余勇德

Rangkuman .



Senin, 11 Juni 2012

keunikan ejaan Bahasa Mandarin =>Nada hanyu pinyin aksara Tionghoa

八 ba ---> delapan

八宝饭 ba bao fan ---> nasi delapan kacang-kacangan
八只小鸟 ba zhi xiao niao ---> delapan ekor kurung kecil
四面八方 si mian ba fang ---> empat sisi dan delapan arah(segara penjuru)
-----------------------------------------------------------------------------------------
巴 ba ---> berharap; menantikan

巴望 ba wang --->berharap, menginginkan
巴不得 ba bu de ---->ingin sekali
-----------------------------------------------------------------------------------------
吧 ba ----> Semacam tempat bersantai yang memiliki fungsi dan perlengkapan khusus tertentu

酒吧 jiu ba ----> Bar
网吧 wang ba ---> warung internet(warnet)
-----------------------------------------------------------------------------------------
把 ba -----> Pegangan atau bagian yang bisa digunakan sebagai pegangan pada benda, alat atau bunga daun dan buah

刀 把儿 dao bar ---> tangkai pisau
果子把儿 guo zi bar ---> batang buah
-------------------------------------------------------------------------------------------
爸 ba ------> Dalam bahsa percakapan menrujuk pada bapak atau ayah

爸爸 ba ba ----> bapak, ayah
爸,你看我画的画!ba ni kan wo hua de hua --->Ayah, lihat gambarku ini!
--------------------------------------------------------------------------------------------

吧 ba ----->Dipakai di ahkir kalimat, untuk menyatakan berbagai macam nada

快走吧!kuai zou ba ----> Ayo, cepat berangkat(pergi)
好,就这么办吧。hao jiu zhe me ban ba ---> Baik, lakukanlah seperti ini..
他不会不知道吧?ta bu hui bu zhi dao ba ? ---> Masa sih dia tidak tahu?
-------------------------------------------------------------------------------------------------
 白 bai ---> putih, warna putih seperti salju

雪白 xue bai ---> putih salju
白纸 bai zhi ---> kertas putih
东方发白了。 dong fang fa bai le --> Langit sudah terang di ufuk timur.
---------------------------------------------------------------------------------

百 bai ---> seratus; juga untuk menyatakan jumlah banyak

三百人 san bai ren ---> tiga ratus orang
百货 bai huo ---> berbagai macam barang dagangan; barang-barang kelotong
百花齐放 bai hua qi fang ---> ratusan jenis bunga mekar bersama
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
 才 cai ---> kemampuan

才能 cai neng ---> kepandaian
才干 cai gan ----> kecakapan
那个人很有才。 na ge ren hen you cai ---> Orang itu sangat berbakat.
----------------------------------------------------------------------------------
财 cai ----> materi; uang:

钱财 qian cai ---> uang
财富 cai fu ----> kekayaan
财大气粗。cai da qi cu ---> orang kaya bicaranya lantang
---------------------------------------------------------------------------------
菜 cai -----> sayur-sayuran

青菜 qing cai ---> sayur hijau
白菜 bai cai ---> sawi putih
我们在院子里种菜。wo men zai yuan zi li zhong cai ----> Kami menama sayu di pekarangan
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 参 can ---> bergabung dengan; ambil bagian

参赛 can sai --->ikut serta dalam pertandingan
他明天参加婚礼。ta ming tian can jia hun li--->Ia besok akan menghadiri upacara perkawinan.
-------------------------------------------------------------------------

餐 can --->makan

会餐 hui can ---> pesta makan
野餐 ye can ---> piknik
早餐 zao can --> makan pagi
我们共进午餐。wo men gong jin wu can ---> Kami makan siang bersama.
----------------------------------------------差 cha ---> beda; tidak sesuai:

差别 cha bie ---> perbedaan
差距 cha ju --->kesenjangan
这里早晚温度差别不大。zhe li zao wan wen du cha bie bu da -->Beda suhu udara pagi dan malam di sini tidak begitu besar.
--------------------------------------------------------------------------------

茶 cha ---> teh

绿茶 lu cha -->teh hijau
他每天饭后都要喝茶。ta mei tian fan hou dou yao he cha -->Ia stiap hari minum teh sehabis makan.

----------------------------------------------------------------------------------

查 cha ---> memeriksa dengan teliti; mengecek

检查 jian cha-->memeriksa
他经常到图书馆查资料。ta jing chang dao tu shu guan cha zi liao--->Ia sering mencari data di perpustakaan.

-----------------------------------------------------------------------------------
察 Cha ---> melihat dengan teliti; menyelidiki

观察 guan cha ---> memperhatikan
多观察才能写出好文章。duo guan cha cai neng xie chu hao wen zhang -->
Hanya dengan lebih banyak mengamati, barulah dapat menulis karangan yang baik.
 ---------------------------------------------------------------
 答 da ---> (berbalas; jawab; balas)

回答 hui da --->menjawab
答谢 da xie ----> mengucapkan terima kasih
主持人和来宾一问一答。 zhu chi ren he lai bin yi wen yi da --->Pengasuh acara dan tamu melakaukan tanya jawab.
----------------------------------------------------------------------------------

打 da ---> memukul dengan tangan atau alat

打鼓 da gu ---> memukul tambur
打铁 da tie --->menempa besi
不要打草惊蛇。bu yao da cao jing she --->Janganlah memukul rumput karena ular bisa terbangun.

---------------------------------------------------------------------------------
大 da --->( besar)

大广场 da guang chang --->lapangan yang luas
力气大 li qi da ----> bekekuatan besar

大 da ----> (yang menempati peringkat pertama)
老大 lao da --->sulung
他是我大哥。ta shi wo da ge ---> Ia adalah abang saya.
-----------------------------------------------代 dai ---> (ganti; menggantikan)

代替 dai ti ---->menggantikan
取代 qu dai ----> mengambil alih

代 dai ---> (dinasti; masa dalam sejarah:)

朝代 chao dai --> dinasti
古代 gu dai --->zaman kuno
学习现代文学 xue xi xian dai wen xue ---> belajar kesusastraan modern

代 dai ---> (generasi)
老一代 lao yi dai ---->generasi tua/lama

-----------------------------------------------------------------------------

带 dai ---->( pita; barang yang penjang dan lunak)

带子 dai zi ---->tali
系鞋带儿 ji xie dair -->mengikat tali sepatu dengan rapi

带 dai --->( membawa; memegang:)
出门带着证件。chu men dai zhe zheng jian -->Bawalah kartu indentitas saat meninggalkan rumah.

带 dai ---> ( jalur; daerah )
热带 re dai --->daerah tropis
长城一带 chang cheng yi dai --->jalur yang dilewati Tembok Besar

带 dai ---> (memimpin; mengarahkan)
带领 dai ling --->memimpin
带路 dai lu ---->memandu
带学生参观博物馆。dai xue sheng can guan bo wu guan --->Membawa murid berkunjung ke muzium.

-----------------------------------------------------------------------------

待 dai ----> ( menunggu )
等待 deng dai --->menunggu
整装待发 Zheng zhuang dai fa --->siap untuk berangkat

待 dai ---> ( memperlakukan; menghidangkan)
待客 dai ke --->memberikan pelakuan istimewa
优待 you dai --->menerima tamu
以礼相待 yi li xiang dai --->bersikap sopan
 --------------------------------------
 
 

Minggu, 20 Mei 2012

Menghitung Bazi Dengan Rumus: Matematika Empat Pilar




Menghitung Bazi Dengan Rumus: Matematika Empat Pilar (Mathematic of Four Pillars)

Menghitung Bazi Dengan Rumus: Matematika Empat Pilar
Penulis : Ivan Taniputera


Dengan menggunakan rumus-rumus ini, Anda tidak memerlukan tabel atau software dalam menentukan diagram bazi Anda. Sebenarnya rumus ini merupakan perhitungan matematika sederhana dan gagasannya saya dapatkan justru waktu mengajarkan murid saya menghitung jumlah hari antara kedua tanggal; umpamanya jumlah hari antara tanggal 15 Januari 2009 dan 7 September 2011. Dalam menggunakan rumus ini, yang harus Anda ketahui adalah tanggal dan jam kelahiran Anda, baik dalam penanggalan internasional, maupun Imlek.

PILAR TAHUN

Menghitung Batang Langit.

Rumus: (T-1924):10, lalu cari sisanya berapa.
Catatan: T = tahun kelahiran Anda.

• Jika sisa 0, maka batang langit = Jia
• Jika sisa 1, maka batang langit = Yi
• Jika sisa 2, maka batang langit = Bing
• Jika sisa 3, maka batang langit = Ding
• Jika sisa 4, maka batang langit = Wu
• Jika sisa 5, maka batang langit = Ji
• Jika sisa 6, maka batang langit = Geng
• Jika sisa 7, maka batang langit = Xin
• Jika sisa 8, maka batang langit = Ren
• Jika sisa 9, maka batang langit = Gui

CARA CEPAT: Boleh hanya melihat angka digit satuan hasil pengurangan T-1924.

Menghitung Cabang Bumi

Rumus: (T-1924): 12, lalu dicari sisanya berapa.
Catatan: T = tahun kelahiran Anda.

• Jika sisa 0, maka cabang bumi = Zi
• Jika sisa 1, maka cabang bumi = Chou
• Jika sisa 2, maka cabang bumi = Yin
• Jika sisa 3, maka cabang bumi = Mao
• Jika sisa 4, maka cabang bumi = Chen
• Jika sisa 5, maka cabang bumi = Si
• Jika sisa 6, maka cabang bumi = Wu
• Jika sisa 7, maka cabang bumi = Wei
• Jika sisa 8, maka cabang bumi = Shen
• Jika sisa 9, maka cabang bumi = You
• Jika sisa 10, maka cabang bumi = Xu
• Jika sisa 11, maka cabang bumi = Hai.

CATATAN PENTING: Jika Anda dilahirkan sebelum tahun pergantian tahun Imlek, maka Anda termasuk dalam tahun sebelumnya.

PILAR BULAN

Menghitung Batang Langit
Pakai bulan Imlek

(((T-1924)x12)+B):10, dicari sisanya berapa.
Catatan: T = tahun kelahiran Anda.
B=Bulan Imlek kelahiran anda.

• Jika sisa 0, maka cabang bumi = Bing
• Jika sisa 1, maka cabang bumi = Ding
• Jika sisa 2, maka cabang bumi = Wu
• Jika sisa 3, maka cabang bumi = Ji
• Jika sisa 4, maka cabang bumi = Geng
• Jika sisa 5, maka cabang bumi = Xin
• Jika sisa 6, maka cabang bumi = Ren
• Jika sisa 7, maka cabang bumi = Gui
• Jika sisa 8, maka cabang bumi = Jia
• Jika sisa 9, maka cabang bumi = Yi

Menghitung Cabang Bumi

(((T-1924)x12)+B):12, dicari sisanya berapa.
Keterangan: T = tahun kelahiran
B = bulan Imlek kelahiran

• Jika sisa 0, maka cabang bumi = Yin
• Jika sisa 1, maka cabang bumi = Mao
• Jika sisa 2, maka cabang bumi = Chen
• Jika sisa 3, maka cabang bumi =Si
• Jika sisa 4, maka cabang bumi = Wu
• Jika sisa 5, maka cabang bumi = Wei
• Jika sisa 6, maka cabang bumi = Shen
• Jika sisa 7, maka cabang bumi = You
• Jika sisa 8, maka cabang bumi = Xu
• Jika sisa 9, maka cabang bumi = Hai
• Jika sisa 10, maka cabang bumi = Zi
• Jika sisa 11, maka cabang bumi = Chou

PILAR HARI

Menghitung Batang Langit

(330 + [(T-1925)x365]+N+H):10, dicari sisanya berapa.

Keterangan:
T = Tahun kelahiran
N=Jumlah tahun kabisat antara tahun kelahiran Anda dengan tahun 1924.
H=Jumlah hari hingga tanggal kelahiran Anda dihitung dari awal tahun.

• Jika sisa 0, maka batang langit = Jia
• Jika sisa 1, maka batang langit = Yi
• Jika sisa 2, maka batang langit = Bing
• Jika sisa 3, maka batang langit = Ding
• Jika sisa 4, maka batang langit = Wu
• Jika sisa 5, maka batang langit = Ji
• Jika sisa 6, maka batang langit = Geng
• Jika sisa 7, maka batang langit = Xin
• Jika sisa 8, maka batang langit = Ren
• Jika sisa 9, maka batang langit = Gui

Menghitung Cabang Bumi

(330 + [(T-1925)x365]+N+H):12, dicari sisanya berapa.


T = Tahun kelahiran
N=Jumlah tahun kabisat antara tahun kelahiran Anda dengan tahun 1924.
H=Jumlah hari hingga tanggal kelahiran Anda dihitung dari awal tahun.

• Jika sisa 0, maka cabang bumi = Yin
• Jika sisa 1, maka cabang bumi = Mao
• Jika sisa 2, maka cabang bumi = Chen
• Jika sisa 3, maka cabang bumi =Si
• Jika sisa 4, maka cabang bumi = Wu
• Jika sisa 5, maka cabang bumi = Wei
• Jika sisa 6, maka cabang bumi = Shen
• Jika sisa 7, maka cabang bumi = You
• Jika sisa 8, maka cabang bumi = Xu
• Jika sisa 9, maka cabang bumi = Hai
• Jika sisa 10, maka cabang bumi = Zi
• Jika sisa 11, maka cabang bumi = Chou

PILAR JAM


Dalam mencari pilar jam, kita harus mencari dulu cabang buminya, yang tidak ada rumus tertentu namun berpatokan pada ketentuan yang gampang diingat:

Jam 23.00-01.00 cabang buminya Zi.
Jam 01.00-03.00 cabang buminya Chou
Jam 03.00-05.00 cabang buminya Yin
Jam 05.00-07.00 cabang buminya Mao
Jam 07.00-09.00 cabang buminya Chen
Jam 09.00-11.00 cabang buminya Si
Jam 11.00-13.00 cabang buminya Wu
Jam 13.00-15.00 cabang buminya Wei
Jam 15.00-17.00 cabang buminya Shen
Jam 17.00-19.00 cabang buminya You
Jam 19.00-21.00 cabang buminya Xu
Jam 21.00-23.00 cabang buminya Hai

Jadi jika Anda terlahir pada jam 13.32, maka cabang bumi pilar jam Anda adalah Wei.

Kini setelah mengetahui cabang bumi pilar jam Anda, barulah Anda dapat mengetahui batang langit pilar jam Anda.

• Untuk batang langit bulan kelahiran Jia dan Ji, maka batang langit pada waktu jam Zi adalah Jia, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.
• Untuk batang langit bulan kelahiran Yi dan Geng, mata batang langit pada waktu jam Zi adalah Bing, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.
• Untuk batang langit bulan kelahiran Bing dan Xin, maka batang langit pada waktu Jam Zi adalah Wu, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.
• Untuk batang langit bulan kelahiran Ding dan Ren, maka batang langit pada waktu jam Zi adalah Geng, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.
• Untuk batang langit bulan kelahiran Wu dan Gui, maka batang langit pada waktu jam Zi adalah Ren, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.


Nah dengan demikian, lengkap sudah keempat pilar pada diagram Bazi Anda.

CONTOH:


Kita hendak mencari diagram bazi bagi tanggal 15 Juli 1985 jam 14.54 (tanggal Imlek adalah 28 bulan 5).

A.PILAR TAHUN

Kita cari telebih dahulu batang langit pilar tahunnya.

Gunakan rumus:

(T-1924):10

(1985-1924): 10 = 6 sisa 1; jadi batang langitnya adalah YI.
Cara cepat boleh melihat digit terakhir hasil pengurangan 1985-1924, yakni 61. Digit terakhir atau satuannya adalah 1.

Lalu cari cabang bumi pilar tahunnya, yakni dengan rumus.

(T-1924):12; hasilnya adalah 5 sisa 1, maka cabang buminya adalah CHOU.

Jadi tahun 1985, pilar tahunnya adalah YI CHOU.

B.PILAR BULAN


Bulan Imleknya adalah 5. Untuk menentukan batang langit pilar bulannya, gunakan rumus:

(((T-1924)x12)+B):10

(((1985-1924)x12)+5): 10 = 737: 10 = 73 sisa 7. Maka batang langitnya adalah GUI

Kini mencari cabang buminya dengan rumus

(((T-1924)x12)+B):12, maka hasilnya 61 sisa 5. Maka cabang buminya adalah WEI

Jadi pilar bulannya adalah GUI WEI.

C.PILAR HARI

Untuk mencari batang langit pilar harinya, pergunakan rumus:

(330 + [(T-1925)x365]+N+H):10

N adalah jumlah tahun kabisat antara 1985 dan 1924. Caranya bisa dengan mencari selisih 1985-1924 dan membaginya dengan 4, lalu dibulatkan ke bawah. Hasil adalah 15 (61 dibagi 4 sama dengan 15,25 yang dibulatkan menjadi 15). Jadi ada 15 tahun kabisat antara 1985 dan 1924 (N=15).
Selanjutnya kita mencari nilai H. Kita hitung berapa hari yang telah berlalu semenjak awal tahun (1 Januari 1985 hingga 15 Juli 1985). Perhitungannya adalah sebagai berikut:

31 + 28 (1985 bukan tahun kabisat) + 31 + 30 + 31 + 30 + 15 = 196.

Kini tinggal kita masukkan ke dalam rumus:

(330 + [(60)x365]+15+196):10 = 22441:10 2244 sisa 1, jadi Batang Langitnya adalah YI

Kini mencari cabang bumi pilar hari, yakni dengan rumus:


(330 + [(60)x365]+15+196):12 = 1870 sisa 1, jadi cabang buminya adalah MAO.

Pilar harinya dengan demikian adalah YIMAO

D. PILAR JAM



Lahir pada pukul 14.54, berarti cabang buminya adalah WEI. Batang langit pilar bulan adalah YI. Maka batang langit pada jam Zi adalah Bing. Tinggal diurutkan saja.
Zi-Bing; Chou-Ding; Yin-Wu; Mao-Ji; Chen-Geng; Si-Xin; Wu-Ren; Wei-Gui.

Jadi pilar jamnya adalah GUIWEI.

Kini bazi tanggal tersebut dapat kita susun sebagai berikut:

JAM HARI BULAN TAHUN

Gui Yi Gui Yi
Wei Mao Wei Chou


ASAL USUL MATEMATIS RUMUS-RUMUS DI ATAS



Bagian ini diperuntukkan bagi para penggemar matematikan karena barangkali ada yang bertanya-tanya dari mana asal rumus di atas. Saya menemukan ide rumus di atas saat mengajarkan cara menghitung jumlah hari antara kedua tanggal bagi murid SD saya. Dasarnya adalah siklus sepuluhan bagi batang langit dan siklus duabelasan bagi cabang bumi. Artinya jika dikaitkan dengan tahun, maka siklus batang langit akan berulang setiap sepuluh tahun sekali. Siklus cabang bumi akan berulang setiap dua belas tahun sekali. Saya menjadikan tanggal 5 Februari 1924 sebagai patokan bagi perhitungan saya; karena kebetulan tanggal itu merupakan tanggal 1 bulan 1 penanggalan Imlek.

Tahun 1924 merupakan tahun Jiazi yang menandai awal siklus Jiazi baru (semuanya berjumlah 60 paduan antara batang langit dan cabang bumi. Jadi kita tinggal mencari antara suatu tahun dengan tahun 1924 ada berapa siklus sepuluhan dan kemudian mencari sisanya. Caranya dengan membagi selisih antara tahun yang dimaksud dengan tahun 1924 dengan 10 serta mencari sisanya. Jika bersisa 0 itu artinya adalah kembali lagi pada Jia. Hal yang sama berlaku pula dalam mencari cabang buminya. Jika sebelumnya kita membagi dengan sepuluh kini kita membagi dengan 12, dan mencari sisanya.

Sehubungan dengan pilar bulannya, saya menjadikan bulan 1 Imlek tahun 1924 sebagai patokannya yang kebetulan berpilar bulan Bing Yin. Lalu kita tinggal mencari ada berapa bulan Imlek telah berlalu hingga bulan Imlek yang kita cari pilarnya. Ingat bahwa satu tahun ada 12 bulan, maka kita tinggal mengali selisih tahunnya dengan 12, menambahkan dengan bulan Imlek yang ditanyakan, dan kemudian hasilnya dibagi 10 atau 12 tergantung apa yang hendak kita cari.

Pencarian pilar hari pada dasarnya adalah mencari berapa hari yang telah berlalu antara tanggal 5 Februari 1924 dengan tanggal yang hendak kita cari atau tanyakan pilar harinya. 330 pada rumus berasal dari jumlah hari antara 5 Februari 1924 dengan 31 Desember 1924. Ini perlu ditambahkan dengan hari tahun 1924, 1926, dan seterusnya hingga tahun yang kita tanyakan. Tidak semua tahun berjumlah 365 hari, oleh karenanya kita perlu mencari berapa jumlah tahun kabisat antara tahun 1924 dengan tahun yang kita tanyakan. Itulah sebabnya dalam rumus kita muncul N. Demikianlah bagi yang berminat dengan matematika dapat mengotak-atik rumus di atas. Anda dapat menciptakan rumus sendiri dengan mengubah patokannya pada tanggal lainnya. Semoga bermanfaat dan menyenangkan.

Selasa, 15 Mei 2012

Prihal Mengabdi

umat KHC mengabdi kepada Tian seperti yang tertulis dlm Bingcu:
存 其 心 , 養 其 性 , 所 以 事 天 也 。
cún qí xīn , yǎng qí xìng , suǒ yǐ shì tian yě .
“Menjaga hati, merawat Watak Sejati, demikianlah mengabdi kepada Tian.”
Tengah Sempurna XIX: 5 “Mengabdi kepada siapakah yang terbesar? Mengabdi kepada orangtua itulah yang terbesar. Menjaga apakah yang berbesar? Menjaga diri itulah yang terbesar. Orang yang tidak kehilangan dirinya dan dapat mengabdi kepada orangtuanya, aku pernah mendengar. Tetapi orang yang kehilangan diri dapat mengabdi kepada orangtuanya, aku belum pernah mendengar.” (Mengzi IV A: 19) “Cinta Kasih itulah Kemanusiaan dan mengasihi orang tua itulah terbesar.” ~`~
Berfokus pada hal-hal yang berada dalam kendali diri masing-2 individu merupkan hal yang utama dalam ajaran Shengren Kongzi. Dan apa yang mereka pelajari, tak lain adalah pemahaman tentang nurani/watak sejati kita yang sebenarnya secara mendasar telah dimiliki secara alamiah baik ,dan apa yang harus mereka lakukan sesuai dengan peranan dan tanggung jawab masing-masing, juga bagaimana setiap orang hendaknya berusaha sekuat tenaga untuk hal ini
seperti penjabaran Ming de 

明德者,人之所得乎天,而虛靈不昧,以具眾理而應萬事者也。

明德 ming de kebajikan tercerahkan adalah, kebajikan yang didapatkan secara alamiah oleh manusia; 明德 bersifat menerima, batiniah (menyatu dengan jiwa-rohani-nurani), tidak tertutupi (terkaburkan oleh pandangan salah); mengandung banyak prinsip-prinsip sehingga ia (明德) dapat digunakan untuk menghadapi segala masalah.

但為氣稟所拘,人欲所蔽,則有時而昏;

Namun, dikarenakan oleh keterbatasan tingkat kualitas batin (氣 qi2 - dalam hal ini yang dimaksud adalah batin / moral), dan dikaburkan/ditutupi oleh nafsu keinginan manusia, ada kalanya (明德) tertutupi.

然其本體之明,則有未嘗息者。

Walaupun begitu, di akarnya (明德 yang tertutupi) potensi pencerahan tidak pernah hilang.

故學者當因其 所發而遂明之,以復其初也。

Karenanya kaum terpelajar hendaknya mengikuti pancaran kebajikannya (ujung pancaran dari明德 yaitu berupa prinsip-prinsip kebajikan) dan berikutnya mencerahkannya (mencerahkan kebajikan - menghayati melaksanakan prinsip-prinsip kebajikan) untuk kembali ke awal (awal 明德yang didapat secara alamiah ketika sebelum dibatasi oleh氣 dan nafsu keinginan).
 
Bagaimanapun hebatnya, orang tua kita adalah manusia biasa , yang tidak luput dari berbuat salah , keliru dan terlanjur. Bila sekali waktu beliau terlanjur berbuat salah kita harus tetap hormat pada beliau .

Mengingatkan ini harus dilakukan dengan santun, hati - hati, tulus dan perlahan- lahan dengan tutur kata yang lembut, penuh kasih sayang, dan sikap manis yang menyenangkan .

Bila beliau menolak nasehat, dengan santun terus diulang di lain saat ; Mungkin diiringi tangis agar beliau bertobat, walau dipukuli jangan menaruh sakit hati .

Bila pada tahap awal beliau belum bisa menerima koreksi dan pendapat kita , maka kita tetap harus sabar, dan penuh kesantunan mencobanya lagi . Carilah lain waktu hati beliau lebih santai dan terbuka, coba, dan coba lagi . Walau mungkin beliau marah, kalau kita yakin beliau bersalah , ingatkan lagi . Walau sampai keluar air mata saking sedihnya, tetaplah bermohon pada beliau untuk berubah sikap .

Walau mungkin beliau sampai terlupa lalu memukul kita, jangan menyesal dan putus asa. Selalulah tetap mencoba. Kalau beliau dibiarkan terbiasa berbuat salah yang berulang-ulang , bisa merugikan kita semua .^V^..

若曲禮、少儀、內則、弟子職諸篇,固小學之支流餘裔,而此篇者,則因小學之成功,以著大學之明法,外有以 極其規模之大,而內有以盡其節目之詳者也。
Seperti 曲禮 Qu1 Li3 (Tata Upacara Dan Susila), 少儀 Shao3 Yi2 (Norma Sosial Bersifat Ringan), 內則 Nei4 Ze2 (Aturan Dalam Keluarga) (ketiga ini nama-nama buku bagian dari Li Ji), 弟子職 (di4 zi3 zhi2 kewajiban berbakti seorang murid - nama dari bagian tulisan Guanzi) kesemuanya adalah materi tahap lanjutan yang dipelajari di sekolah dasar, sedangkan bab ini (Zhu Xi merujuk ke buku Da Xue) dipelajari setelah berhasil menyelesaikan sekolah dasar, berbicara mengenai metode pengajaran sekolah tinggi / akademi kerajaan, secara garis besar terdiri dari ruang lingkup pembahasan yang sangat luas,lebih lanjut lagi setiap bidang pelajaran (buku) isinya sangat terperinci.
sebagai perwujudan dari pengabdian kpd Tian dengan menjalankan pengabdian dlm bentuk perbuatan. Dan perbuatan mengabdi yang terbesar itu adalah mengabdi kpd Ortu. Pengabdian kpd ortu adalah penjabaran bentuk dari Cinta Kasih juga. Di dunia nyata ini mengasihi ortu itu yg terbesar, jadi umat KHC yg tidak mengabdi kpd ortu nya belum bisa dikataakan mengabdi juga pd Tian. Mengabdi kepada Ortu ya.. sama saja mengabdi kepada Tian. Mengabdinya kepada Tian hrs nyata dlm perbuatan.

mengabdi ajaran Kongzi tidaklah langsung mengabdi kepada TIAN ini merupakan suatu lompatan yang sangat jauh bila langsung kesana ,Tian adalah suatu bagian dari tiga kuasa (Tian Di Ren; ) yang menegaskan bahwa Tian bukanlah suatu kekuasaan absolut tunggal, namun perimabngan dalam keseimbangan alam. Konsep yang juga dikembangkan misalnya sejak periode Tang menggariskan bahwa kekuasaan alam itu sudah punya perwakilan yang termanifestasi dalam diri manusia, yaitu gui dan shen yang mewaris ke anak cucu. Dari situ saja sudah tergambar bahwa wakil Tian (dalam arti xing) adalah orang tua.性 Xing - Watak Sejati itu bisa di artikan sebagai sifat Rohani manusia yang berawal dari Tian itu sendiri melalui perwakilan orang Tua . Bagaimanapun berhasilnya manusia "medahulukan pengabdian ke Tian,sehingga kita selalu berfokus pada Tian sedangkan pengabdian soal kehidupan saja belum di pahami (termasuk aqu) tapi kalau dia mengabaikan primafacie berupa orang tuanya, maka dia sudah melanggar hirarki. Makanya dikatakan, menyembah yang tidak seharusnya/pada tempatnya adalah menjilat. Dulu Tian itu bahkan tidak disembahyangi oleh rakyat jelata, itu tugas dari para penguasa. Hanya belakangan saja ada pergeseran sehingga Tian juga disembahyangi oleh semua orang sehingga banyak umat Rujiao selalu mengedepankan /bicara Tuhan . Kekeliruan selama ini terjadi akibat doktrin samawi digunakan oleh Tionghoa terhadap dokrin tersebut , apalagi pake bungkus "agama khonghucu" yang menyebabkan ada pergeseran yang terlalu jauh ke arah samawi. Selayaknya Tian tidak disembah-sembah begitu, karena Tian dalam kebudayaan Tionghoa sudah melihat dan mendengardsb . Penghormatan itu boleh, bahkan untuk kelenteng memang mempunyai altar khusus sebagai pertanda bahwa kita menghargai kekuasaan di dunia sebelum mendatangi shenming yang menjadi penunggu wilayahnya. Namun sebagai bukti lain, jelaslah sembahyang orang tua tidak menggunakan sembahyang Tian. Apa arti bukti ini, yaitu bahwa dalam hal penghormatan Orang Tua, hubungan pribadi itu tidak terputus dan tidak tergantikan bahkan langsung kepada Tian sekalipun. Dengan kata lain, meskipun memang orang tua yang almarhum memang bersifat yin (gui), itulah asal darah daging kita. Menghormat Tian ada waktu dan porsinya sendiri, kususnya dalam hubungannya dengan alam. Hubungan terasli dan terdekat tentu saja dengan orang tua, dengan gui dan shen-nya itu yang memang mewaris ke dalam diri kita.
 

Minggu, 13 Mei 2012

Agama vs Filsafat

Terkadang bingung Orang kepercayaan Tionghoa terjebak pada Agama Vs Filsafat . yang selalu berpandangan sinis bila kita mengkaji dari sudut pandang Tionghoa itu sendiri banyak orang Tionghoa penganut ajaran Agama Tradisi terlalu berpandangan dengan tradisi dan kebudayaan Barat ,tentu kita bisa mengkajinya lebih dalam jangan sekedar membaca lalu mengiyakan tidak merenungi makna :

yang lebih aneh pandangan orang tenglang tidk bisa membedakan nilai religi dan filsafat malah di adu-adu mana yg ingin lebih religius ..sungguh hancurrrrrrr Tenglang indonesia di dokrin demikian SiShu WuJing dan akhir2nya langsung disimpulkan kalau ajaran “filsafat”dan nilai religi di dalamnya tidak bisa membedakan ...>Masalah diselamatin minta2 apa yang terpenting dalam ajaran Kongzi ?? minta-2 di selamakan Tidak kan itu urusan masing2 yang lebih di dahulukan apa yang harus dilakukan dalam hidup ini ? gak ada yg bisa mastiin diselamatin asal percaya TIAN , nah apakah didalam ajaran KONGZI demikian ? apakah yang harus di lakukan yang terpenting dalam menjalani hidup ini ?
arti agama itu a=tidak -->> gam =kacau , artiny agama itu bisa jg cara2 gimana supaya gak kacau, so kalau getu ajaran moralitas Kongzi buat nata suatu masyarakat gak kacau itu bisa disebut agama Tidak ?
bahas qoh ajaran anak dasar SD arti kata religi ?

menurut si bule Van Schie, arti religi ialah keseluruhan mitos , ritus dan tata hidup yg merupakan pernyataan serta pengungkapan kepercayaan manusia.
Religi dibagi 3 unsur.
-mitologi,
-liturgi
-moral.

JIAO / agama itu artinya ajaran yang menata moraritas kita

mau kemana bila KHC di bilang bukan Agama soal mitos ada soal PENCIPTAAN ada
di konsep WUJI, TAIJI di kitab YI JING anyakan kepada yang paham kalau mau mempelajarinya aqu umat awam

soal Ritual ritual sembahyang kepada
-*:TIAN ( bisa di artikan TUHAN / LANGIT " 
maka ahli2 berikutnya membagi Dao dalam Ru itu jadi dua Tian Dao dan Ren Dao, yang diutamakan adalah Ren Dao

makanya Tian itu sesuatu yang tidak dibahas eksklusif dalam Ru, cuma yah itu Ru yang masih zhengtongmasalah abstraksi. Tian itu sifatnya abstrak menurut pemikiran Zhongguo kuno. Kalau ada kata mandat Langit (Tianming), itu sifatnya abstrak. Bukan Langit selaku sosok berpribadi yang mendelegasikan mandatnya pada Kaisar. karena dia bukan sosok berpribadi. Dia adalah suatu prinsip abstrak. Jadi bangsa Tionghua kuno sudah sanggup berpikir abstrak. Tetapi sayangnya ini tidak berlaku pada bilangan. Jika seandainya mereka sanggup mengabstraksi bilangan, maka bangsa Tionghua akan sanggup mensistemasi kalkulus. Barangkali benar ada pemikiran2 kalkulus dalam karya Shenkuo, namun pada kenyataannya yang dikatakan sebagai penemu dan pengembang kalkulus adalah orang Barat (Gauss, Fermat, dll). Dan ilmu kalkulus yang kita pelajar adalah ala Barat. Kita ga pernah belajar kalkulus ala Shenkuo.~`~

dari masa Zhengzi itu kemudain ke Zi Si itu semuanya spik2 mengenai Ren Dao, Mengzi kemudian kembali menyinggung Tian Dao

sampai masa Xin Xue kemudian dua bersaudara Cheng yang menurunkan Zhu Xi dan Wang Yanming masing2 mengutamakan prinsip Ren Dao.nah pengertian Dao dalam Ru ini sama dengan pengertian Dao dalam taoism ?

pengertian Dao dalam Daojiao itu lebih ke Tian Dao, sedangkan dalam Ru lebih ke Ren Dao

ini saya ambil dari Zhongyong
道不遠人。人之為道而遠人,不可以為道.
Dao tidaklah jauh dari kemanusiaan. Ketika manusia mengejar Dao yang jauh dari kemanusiaan, maka itu bukanlah Dao yang sejati.
 jadi kalau ada orang Ru tapi yang suka bahas2 soal Tian  ini itu apalagi tuhan2an yah itu menurut Zhongyong sudah jauh dari kemanusiaan

kalau dalam Dao De Jing

lihat bab 1 kalimat terakhir
玄之又玄,衆妙之門
---------------------------------------------------------------------------------------------
dan mengenai penghormatan Tian Di oleh seorang Tianzi, penghormatan Tian Di itu selalu beriringan, bukan hanya Tian, bukan hanya Di
diambil dari Liji buku Wang Zhi bab 28

王制:

天子祭天地,諸侯祭社稷,大夫祭五祀。天子祭天下名山大川:五岳視三公,四瀆視諸侯。諸侯祭名山大川之在其地者

perhatikan itu perbedaan objek penghormatan Tianzi dengan bangsawan2 atau raja muda.
Tianzi memberikan persembahan kepada Tian Di, Zhuhou (raja muda - bangsawan) memberi persembahan kepada Shenming/dewa2 lokal per tiap negara bagian, pejabat2 memberi persembahan 5 jenis..kpd Shenming / arwah/Dewa mereka yagn meninggal.

-* Di Bumi ( ctt “shen”, lha Kong Zi jg ada anjuran utk Feng Shan buat raja2,(Shangdi) ,Tiangong yg mana itu sembahyang gui shen. Shen disini gak selalu Shenming/dewa , bisa jg roh org yg baik meninggal disebut shen.)Kong Zi jg menganjurkan sembahyang leluhur Orang tua kakek nenek dsb yang telah mendahulukan kita sesuai dengan tradisi.
Dalam konsep Ru, manusia (dan semua makhluk hidup lainnya) memiliki gui dan shen. Masing-masing memiliki sifat seperti dituliskan di atas. Gui berkembang menjadi Po (tubuh-daging-darah, fisik), shen menjadi qi (dalam pengertian kesadaran, pemahaman, atau dalam literatur kadang disebut hun, ling). Karena guishen seorang manusia itu merupakan perwujudan gui dan shen dari orang tuanya, maka ketika melakukan sembahyang, dipercayai bahwa yang bisa diterima oleh almarhum hanya sembahyang yang dilakukan oleh keturunannya "sedarah" (yang belakangan juga mencakup mislanya kalau ada anak angkat dikarenakan "irama" shennya sudah sama. Itulah kenapa dikatakan bahwa menyembah guishen "yang lain" adalah tidak patut (menjilat).guishen adalah 2 qi, gui sebagai qi bersifat yin, shen sebagai qi bersifat yang.... alias yin-yang seperti ini 視之而弗見,聽之而弗聞,體物而不可遺。鬼神無形與聲,然物之終始,莫非陰陽合散之所為,是其為物之體,而物所不能遺也。其言體物,猶易所謂幹事
guishen itu tidak memiliki bentuk ataupun suara, walaupun merupakan sumber dari semua makhluk, mungkin merupakan bentuk perpaduan yin yang semuanya, merupakan tubuh semua makhluk, walau semua makhluk tidak bisa mewariskannya. jadi tubuh semua makhluk itu adalah hasil dari proses perubahan yin-yang ~`~

Sabtu, 05 Mei 2012

Psikologi budaya


psikologi budaya, daerah topikal dan metodologi psikologi yang bersangkutan dengan menyelidiki faktor-faktor penentu budaya perilaku manusia. Psikologi budaya telah sangat dalam memahami dan menghargai pengalaman subjektif kelompok etnokultural berbeda, terutama konstruksi budaya mereka tentang realitas. Dalam psikologi budaya. Dalam beberapa dekade terakhir, psikologi adat telah menjadi topik yang menarik meningkat di antara  psikolog non-Barat, banyak yang belajar di Barat dan kembali ke negara mereka hanya akan dihadapkan dengan isu-isu serius tentang validitas dan penerapan psikologi Barat mereka telah begitu rajin diajarkan.
Fathali Moghaddam, seorang psikolog Iran-Amerika terkemuka yang saat ini seorang profesor di Georgetown University di Amerika Serikat, menimbulkan pertanyaan serius tentang perbedaan substantif dalam psikologi dari dunia yang tak terkendali dari psikologi dunia misalnya , Amerika Utara, Eropa Utara ke negara berkembang. bahayanya menggunakan konsep dan metode yang dibuktikan sensitivitas sedikit dengan realitas negara-negara berkembang, dan kemungkinan bahwa bangsa-bangsa diperlukan pengembangan psikologi mereka sendiri (Moghaddam, 1987). Lain-lain (misalnya, Sloan, 1995, Marsella, 1998, 2010; Pickren, 2009) menunjukkan risiko dan konsekuensi yang merusak potensi asumsi bahwa psikologi Barat adalah universal yang berlaku. Profesor Girishwar Misra (1996), orang India Asia, mengidentifikasi masalah dan konsekuensinya:
Pemikiran Barat saat ini dari ilmu psikologi pada bentuk prototipe nya, meskipun lokal dan adat masyarakat , mengasumsikan relevansi global dan diperlakukan sebagai universal menghasilkan pengetahuan. Suara dominan visi decontextualized dengan penekanan luar biasa pada individualisme, mekanisme, dan objektivitas. Mode ini secara khusus berpikir Barat ini dibuat, diproyeksikan, dan dilembagakan melalui teknologi representasi dan ritual ilmiah dan diangkut dalam skala besar ke masyarakat non-Barat di bawah dominasi politik-ekonomi. Akibatnya, psikologi Barat cenderung mempertahankan sikap independen pada biaya mengabaikan kemungkinan substantif lainnya dari tradisi budaya yang berbeda.

 Pemetaan realitas melalui konstruksi Barat memiliki pseudo-pemahaman tentang orang dari budaya asing dan telah melemahkan efek dalam hal misconstruing realitas khusus dari orang lain dan exoticizing atau mengabaikan psikologis yang non-Barat. Akibatnya, ketika orang-orang dari budaya lain yang terkena psikologi Barat, mereka menemukan identitas mereka ditempatkan dalam pertanyaan dan repertories konseptual mereka dianggap usang (Misra, 1996, hlm 497-498).
Dalam pernyataan yang pernah di tulis konteks ini ketidakpuasan dan pertanyaan,dari Profesor Hwang, seorang psikolog kelahiran Taiwan, dilatih di sekolah pascasarjana di University of Hawaii dalam psikologi sosial dan budaya, mulai mengeksplorasi pikiran dan tulisan-tulisan para bijak China kuno yang sangat dihormati, Konfusius (551 SM - 479 SM), dengan perhatian khusus pada peran gagasan Konfusian dalam membentuk psikologi China lintas zaman. Studi Profesor Hwang mengungkapkan secara mendalam tentang Konfusianisme untuk memahami psikologi China dan perilaku, bahkan dalam periode singkat Maois dan dominasi politik. Dalam serangkaian publikasi yang sekarang memiliki implikasi penting bagi sejarah psikologi, Profesor Hwang mendokumentasikan hubungan antara psikologi China dan perilaku dan pemikiran Konfusius, terutama peran kritis relationism. Profesor Hwang mencatat bahwa pemikiran Konfusius tentang penekanan pada moralitas, konteks, dan sifat hubungan interpersonal. Pengakuan ini menjadi dasar untuk banyak tulisan-tulisan berikutnya Profesor Hwang - tulisan yang sekarang menemukan presentasi pertama mereka dikumpulkan di Barat melalui ringkasan pemikirannya.
Menggunakan dasar Konfusianisme psikologi China, Profesor Hwang berpendapat persuasif bahwa pola perilaku terbaik China dapat dipahami dan dihargai tidak dengan menggunakan asumsi psikologi asing Barat dan ajaran, melainkan dengan memegang sifat tertanam pola perilaku kebudayaan tradisi serta kepercayaan China dalam konteks sejarah mereka sendiri .  Profesor Hwang menunjukkan dengan jelas, ketergantungan pada psikologi Barat untuk memahami perilaku orang-orang non-Barat merupakan kesalahan mengerikan yang membingkai perilaku orang non-Barat dalam template yang tidak hanya terbatas dalam validitasnya, tetapi juga berpotensi berbahaya dalam hal kesimpulan yang dicapai, dan keputusan terlalu sering dibuat dengan kedok ilmiah hegemoni Barat.
Sebagian besar didasarkan pada penelitian yang cermat dan beasiswa dari tradisi filosofis dan sejarah China, Profesor Hwang mampu mengembangkan wawasan kritis ke dalam psikologi China yang segera diakui dan dihargai oleh para psikolog di seluruh Asia sebagai alternatif psikologi Barat. Pada tahun 2006, Profesor Hwang bergabung Profesor Uichol Kim (Korea) dan Profesor Yang Kuo-Shu (Taiwan) dalam volume diedit berjudul, Psikologi Adat dan Budaya (2006, Springer Publikasi MBS). Volume termasuk beragam kontribusi dari berbagai budaya (misalnya, China, Jepang, Korea, Filipina),  menjadi sumber daya penting bagi psikolog di seluruh dunia berkaitan dengan psikologi berkembang yang telah tepat dan peka terhadap sejarah mereka sendiri dan budaya tahun traditions.For, psikologi Barat - sebagian besar berakar di dalam Amerika Utara dan Eropa Barat ilmiah dan budaya profesional - diterapkan tanpa pandang bulu untuk non-Barat orang di bawah asumsi yang salah bahwa prinsip dan metode yang universal. sebagian berasumsi Barat dalam metode penilaian, dan intervensi bahkan diagnostik dan terapi tidak hanya diangkut di seluruh dunia, tapi juga diterima oleh banyak non-Barat psikolog sebagai yayasan yang sah dan dapat diandalkan untuk memahami perilaku dan untuk mengembangkan kebijakan dan prosedur yang konsonan dengan  pandangan Barat.
Secara bertahap, bagaimanapun, dan di sinilah menjadi jelas bahwa asumsi psikologi Barat dan metode adalah fungsi dari sejarah Barat dan budaya,  dengan demikian, adalah etnosentris dan bias kreasi yang di seluruh dunia penerimaan didasarkan pada pengaruh kuat dominasi politik, ekonomi, dan militer Barat. Dengan kata lain, apa yang menjadi jelas adalah bahwa psikologi Barat, meskipun semua permohonan untuk validitas universal karena dugaan "ilmiah" yayasan dan kesimpulan, itu sendiri ciptaan budaya, dan bahwa klaim dan aplikasi yang bermasalah karena tidak  universal dan tidak ilmiah. Tod Sloan, seorang psikolog, teori kritis Barat, menangkap dimensi sosial-politik dari masalah ini. Sloan (1996) menulis:... Masalah utama terletak kurang dalam batas-batas teoritis psikologi Barat, meskipun ini serius, dari dalam fungsi-fungsi sosial dari psikologi Barat. Sebagai psikologi ilmiah itu sendiri berarti menetapkan lebih lanjut di negara industri, fungsinya sebagai mekanisme stabilisasi sosial politik secara bertahap menjadi lebih jelas ... teori psikologi dan praktek mewujudkan asumsi budaya Barat sedemikian rupa bahwa mereka terutama melakukan fungsi ideologis. Artinya, mereka melayani untuk mereproduksi dan mempertahankan status quo sosial ditandai dengan kesenjangan ekonomi dan bentuk-bentuk penindasan seperti seksisme dan rasisme. Asumsi operasi inti yang menghasilkan efek ideologis baik dalam teori dan praktek adalah individualisme dan saintisme. (Sloan, 1996, hal. 39)
Inti dari "ilmu" - sebuah gagasan / konsep / metode yang jauh dihargai di Barat - pada akhirnya tentang akurasi dalam menjelaskan, memahami, meramalkan, dan mengendalikan dunia tentang kita. Tapi masalahnya adalah bahwa psikologi Barat sering tidak akurat bila diterapkan perilaku non-Barat , juga telah difficultly menjelaskan perilaku orang Barat - karena terlalu sering de-contextualizes perilaku. The "dekontekstualisasi" perilaku, pendekatan sering disukai oleh psikologi Barat yang menemukan faktor-faktor penentu perilaku manusia dalam jiwa manusia dan / atau situasi yang ada, gagal untuk mengakui bahwa semua perilaku manusia disertai dengan pengaruh perkembangan dan kontekstual dari budaya dari setiap kebangkitan individu . non-Barat psikologi dengan realitas bahwa setiap budaya - Timur atau Barat - berkembang psikologi sendiri yang unik yang sesuai dan konsisten dengan akar sejarah dan budaya adalah realitas baru dalam psikologi. Psikologi Setiap pantas pengakuan, pengembangan, dan penerapan yang sesuai sebagai fungsi  hati-hati .  karya Profesor Hwang dan non-Barat sarjana, studi tentang psikologi pribumi telah menjadi gerakan global. Memang,  di Amerika Serikat dan Eropa Utara, psikolog budaya mengkritisi dominasi psikologi Barat dan hegemoni sebagai refleksi tidak legitimasi "ilmiah", melainkan sebagai konstruksi etnosentris, sering lupa akan akar budaya sendiri dan determinan.dengan demikian, merupakan kemajuan besar untuk psikologi sebagai ilmu global dan profesi justru karena  dasar sejarah dan budaya dari semua psikologi, bahkan karena menunjukkan faktor-faktor penentu psikologi China dan kekuatan penjelas untuk populations China dan lainnya tren berkembang  menjadi kenyataan bagi psikologi di seluruh dunia.

Senin, 23 April 2012

Biografi

Biografi  Konfusius dan ajaran nya dari seri Penulis Terkenal contextualizes hidup Konfusius  pada masa Dinasti Zhou,  nilai-nilai dalam kebijaksaannya yang luhur dalam penerapan hidup di dalam keluarga ,berbakti kepada leluhur, sejarah dan pencatatan, spiritualitas.

melihat perkembangan intelektual modern sekarang ini banyak sekali konsep moralitas dan perdamaian yang muncul, program tayangan ini menunjukkan pengaruh utama ajaran Konfucius  didalam Analects nya, koleksi epigrams, telah melekat pada budaya China.

Yang  fokus pada empat hal utama: membantu orang untuk menjadi baik, terhormat, dan anggota masyarakat yang bertanggung jawab; pembelajaran dan pendidikan; tugas berbakti, dan ritual dan musik.



http://www.youtube.com/watch?v=ScWlB4QsP5I
 http://youtu.be/ScWlB4QsP5I