Selasa, 17 April 2012

MENGHADAPI ORANG TUA SALAH

MENGHADAPI ORANG TUA SALAH
親有過, 諫使更 ﹔
qin you guo, jian shi geng ;
Bila orang tua terlanjur salah , beri himbauan agar berubah ;

怡吾色﹐ 柔吾聲。
yi wu se, rou wu sheng.
Dengan wajah ramah ,sikap tetap hormat , suara lembut ,tetap khidmat .

Bagaimanapun hebatnya, orang tua kita adalah manusia biasa , yang tidak luput dari berbuat salah , keliru dan terlanjur. Bila sekali waktu beliau terlanjur berbuat salah kita harus tetap hormat pada beliau .

Mengingatkan ini harus dilakukan dengan santun, hati - hati, tulus dan perlahan- lahan dengan tutur kata yang lembut, penuh kasih sayang, dan sikap manis yang menyenangkan .

Bila beliau menolak nasehat, dengan santun terus diulang di lain saat ; Mungkin diiringi tangis agar beliau bertobat, walau dipukuli jangan menaruh sakit hati .

Bila pada tahap awal beliau belum bisa menerima koreksi dan pendapat kita , maka kita tetap harus sabar, dan penuh kesantunan mencobanya lagi . Carilah lain waktu hati beliau lebih santai dan terbuka, coba, dan coba lagi . Walau mungkin beliau marah, kalau kita yakin beliau bersalah , ingatkan lagi . Walau sampai keluar air mata saking sedihnya, tetaplah bermohon pada beliau untuk berubah sikap .

Walau mungkin beliau sampai terlupa lalu memukul kita, jangan menyesal dan putus asa. Selalulah tetap mencoba. Kalau beliau dibiarkan terbiasa berbuat salah yang berulang-ulang , bisa merugikan kita semua .^V^..

若曲禮、少儀、內則、弟子職諸篇,固小學之支流餘裔,而此篇者,則因小學之成功,以著大學之明法,外有以 極其規模之大,而內有以盡其節目之詳者也。
Seperti 曲禮 Qu1 Li3 (Tata Upacara Dan Susila), 少儀 Shao3 Yi2 (Norma Sosial Bersifat Ringan), 內則 Nei4 Ze2 (Aturan Dalam Keluarga) (ketiga ini nama-nama buku bagian dari Li Ji), 弟子職 (di4 zi3 zhi2 kewajiban berbakti seorang murid - nama dari bagian tulisan Guanzi) kesemuanya adalah materi tahap lanjutan yang dipelajari di sekolah dasar, sedangkan bab ini (Zhu Xi merujuk ke buku Da Xue) dipelajari setelah berhasil menyelesaikan sekolah dasar, berbicara mengenai metode pengajaran sekolah tinggi / akademi kerajaan, secara garis besar terdiri dari ruang lingkup pembahasan yang sangat luas,lebih lanjut lagi setiap bidang pelajaran (buku) isinya sangat terperinci.
^V^ .
 
  "memFokus Pada kedalam Diri kita sendiri"

Ini mungkin tampak tidak mungkin untuk tidak mencoba untuk mengontrol tindakan pasangan selama krisis ,diri (individu) tidak melakukan pasangan /(suami/istri) atau bantulah diri sendiri ketika individu menjadi terobsesi dengan apa yang mereka lakukan atau berpikir. namun memiliki kontrol penuh atas apa yang kita lakukan atau tidak lakukan.

Jadi,  fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali diri masing-2 individu. Dan apa yang mereka pelajari, tak lain adalah pemahaman tentang nurani yang sebenarnya secara mendasar telah dimiliki secara alamiah,dan apa yang harus mereka lakukan sesuai dengan peranan dan tanggung jawab masing-masing, juga bagaimana setiap orang hendaknya berusaha sekuat tenaga untuk hal ini
seperti penjabaran Ming de yang  pelajari ;

明德者,人之所得乎天,而虛靈不昧,以具眾理而應萬事者也。

明德 ming de kebajikan tercerahkan adalah, kebajikan yang didapatkan secara alamiah oleh manusia; 明德 bersifat menerima, batiniah (menyatu dengan jiwa-rohani-nurani), tidak tertutupi (terkaburkan oleh pandangan salah); mengandung banyak prinsip-prinsip sehingga ia (明德) dapat digunakan untuk menghadapi segala masalah.

但為氣稟所拘,人欲所蔽,則有時而昏;

Namun, dikarenakan oleh keterbatasan tingkat kualitas batin (氣 qi2 - dalam hal ini yang dimaksud adalah batin / moral), dan dikaburkan/ditutupi oleh nafsu keinginan manusia, ada kalanya (明德) tertutupi.

然其本體之明,則有未嘗息者。

Walaupun begitu, di akarnya (明德 yang tertutupi) potensi pencerahan tidak pernah hilang.

故學者當因其 所發而遂明之,以復其初也。

Karenanya kaum terpelajar hendaknya mengikuti pancaran kebajikannya (ujung pancaran dari明德 yaitu berupa prinsip-prinsip kebajikan) dan berikutnya mencerahkannya (mencerahkan kebajikan - menghayati melaksanakan prinsip-prinsip kebajikan) untuk kembali ke awal (awal 明德yang didapat secara alamiah ketika sebelum dibatasi oleh氣 dan nafsu keinginan). > " mohon maaf bila ada salah kata "

Tidak ada komentar: