Selasa, 17 April 2012

Berbakti terhadap orang tua

Berbakti terhadap orang tua ada, satu akan hormat dan secara serasi kooperatif dengan orang lain. Urutan antara kakak / adik dan adik adik / muda (长幼 有序), perbedaan antara suami dan istri (夫 帚 有 别), kebenaran antara pemimpin dan yang dipimpin (君臣 有 义), dan kepercayaan antara teman dan sahabat (朋友 有 信) akan diselaraskan. Keserasian hubungan timbal balik mengarah ke kesadaran diri Menjadi menghubungkan relationhsips manusia. Kesatuan Kesatuan adalah Menjadi harmonis Keberadaan yang menopang hubungan yang harmonis. ^V^".

充塞(充滿)仁義者,又紛然雜出乎 其間,

Ajaran yang mengusung (mengandung penuh) kemanusiaan (仁) dan kebenaran (義) (maksudnya Ru), pada periode itu (setelah Mengzi) kacau balau kusut luar biasa melebihi perkiraan.

使其君子不幸而不得聞大道之要,其小人不幸而不得蒙至治之 澤,晦盲否塞,反覆沈痼,以及五季之衰,而壞亂極矣!

Sehingga para Junzi (君子 dalam hal ini yang dimaksud adalah kaum literati / terpelajar terdiri dari penguasa, bangsawan, pejabat, sarjana) tidak beruntung tidak dapat mempelajari (walaupun mereka mau mempelajarinya, dikarenakan situasi yang tidak kondusif) prinsip-prinsip inti/penting Dao sejati (大道 - literal: Dao Agung / Luhur), sedangkan rakyat jelata (小人 di sini artinya adalah rakyat jelata) tidak beruntung tidak bisa mendapatkan perlindungan dan anugerah pemerintahan yang baik, arif dan bijaksana, masa-masa kegelapan dan penuh kekurangan, berulang terjadi terus-menerus (sejak dari sepeninggal Mengzi),sampai dengan masa kemerosotan lima dinasti (五代 lima dinasti;後梁 Liang、後唐 Tang、後晉 Jin、後漢 Han、 後周 Zhou; periode 5 dinasti 10 negara - jaman perpecahan dan kegelapan setelah dinasti Tang berakhir) kekacauan mencapai titik puncaknya.

Tidak ada komentar: