Sabtu, 28 Januari 2012

Sutra


 
丝绸
Sutra
中国是最早生产丝绸的国家。传说是黄帝的妻子嫘(léi)祖发明了养蚕、缫丝和织绸的技术。考古学家们认为,中国的桑蚕丝织技术,至少有4 000多年的历史。丝绸很早就成了古代宫廷贵族的主要衣料和对外贸易的重要商品。
China adalah negara penghasil sutra yang pertama. Menurut legenda, istri Huangdi yang bernama Lei Zu menemukan teknik pemeliharaan ulat sutra, penggulungan filamen kepompong dan menenun sutra. Arkeolog berpendapat bahwa teknik penenunan sutra paling sedikit memiliki sejarah 4000 tahun lebih. Sutra sejak zaman dahulu kala telah menjadi bahan utama pakaian kaum bangsawan istana dan barang komoditi penting perdagangan antar kerajaan.
中国古代丝绸品种丰富多彩。自从2 000多年以前,汉代著名的外交家张骞打通了通往欧洲、西亚许多地区的“丝绸之路”,华美的中国丝绸就开始源源不断地输往欧洲和西亚各国。西方人十分喜爱 中国丝绸,据说,公元1世纪,一位古罗马皇帝曾穿着中国的丝绸袍去看戏,顿时轰动了整个剧场。从此,人们都希望能穿上中国的丝绸衣服,中国也因此被称为 “丝国”。
Jenis sutra China kuno beraneka ragam. Sejak 2000 tahun yang lalu, diplomat terkenal dinasti Han yaitu Zhang Qian membuka “Jalan Sutra” menuju Eropa, Asia barat dan tempat-tempat lainnya. Sutra China yang indah dan mewah mulai dibawa masuk ke negara-negara di Eropa dan Asia barat. Orang Barat sangat menyukai sutra China, konon pada abad pertama Masehi seorang kaisar Roma Kuno pernah mengenakan jubah sutra China untuk menyaksikan pertunjukkan drama sehingga dia mengejutkan seluruh hadirin di teater. Sejak saat itu banyak orang berharap dapat mengenakan baju sutra China, China terkenal sebagai Negara Sutera karena hal ini.
丝绸美化了人们的生活,也促进了中国和世界各国的友好往来。
Sutra memperindah hidup kita, dan mendorong persahabatan antara China dan negara-negara lain di dunia.

  http://indonesian.chinese.cn/chineseculture/article/2011-11/01/content_370058.htm

Tidak ada komentar: