Sabtu, 28 Januari 2012

Kaligrafi


 
书法
Kaligrafi
书法是中国传统的汉字书写艺术,经过千百年的创作和发展,已成为一门风格独特的艺术。
Kaligrafi adalah seni menulis karakter tradisonal China yang memiliki gaya sangat unik sesudah ribuan tahun penciptaan dan pengembangannya.
常见的书法字体有篆书、隶书、楷书、草书和行书。篆书是秦代的代表字体;隶书是汉代的通行字体;楷书由隶书发展而来;草书是隶书和楷书的快写体;行书是介于楷书、草书之间的字体,它既不像楷书那么工整,也不像草书那么难认,是一种最常用、最方便的手写体。
Gaya kaligrafi yang paling sering ditemui adalah zhuanshu (gaya cap), lishu(gaya resmi), kaishu (gaya balok), caoshu (gaya kursif; karakter yang ditulis secara cepat dengan goresan-goresan yang bersambung) dan xingshu (gaya berjalan). Zhuanshu mewakili gaya kaligrafi dinasti Qin, lishu merupakan gaya kaligrafi yang lazim digunakan pada dinasti Han, kaishu berkembang dari lishu, caoshu merupakan bentuk penulisan cepat lishu dan kaishu, xingshu merupakan gaya kaligrafi diantara kaishu dan caoshu yang tidak serapi kaishu, tetapi juga tidak sesulit dibaca seperti caoshu, gaya ini merupakan salah satu gaya yang paling sering digunakan dan paling praktis dalam penulisan karakter.
中国历史上出现了许多著名的书法家,如:王羲之①、欧阳询②、颜真卿③、柳公权④、赵孟頫⑤等。他们经过多年的勤学苦练,形成了不同的风格和流派,使中国的书法艺术达到了很高的水平。
Dalam sejarah China pernah ada banyak ahli kaligrafi yang terkenal seperti Wang Xizhi①, Ouyang Xun②, Yan Zhenqing③, Liu Gongquan④, Zhao Mengfu⑤ dan lain-lainnya. Dengan belajar dan praktek yang rajin selama bertahun-tahun, mereka masing-masing membentuk gaya dan aliran kaligrafi yang unik sehingga mendorong seni kaligrafi China mencapai tingkat yang tinggi.
书法的书写工具,是被人们称为“文房四宝”的笔、墨、纸、砚。学书法,首先要学会使用毛笔,初学的人应该先从楷书学起。
Alat tulis dalam kaligarafi adalah kuas (mopit), tinta bak, kertas dan batu tinta yang juga disebut sebagai “Empat Mustika Kamar Belajar”. Belajar kaligarafi haruslah belajar cara menggunakan kuas terlebih dahulu, dan pemula seharusnya belajar dari kaishu terlebih dahulu.
注解
Catatan
① 王羲之(303—361 或 321—379),东晋著名书法家,被誉为“书圣”。
Wang Xizhi (303-361 atau 321-379) adalah ahli kaligrafi terkenal dari dinasti Jin Timur, dijuluki sebagai “Suciwan Kaligrafi”.
② 欧阳询(557—641),字信本,唐代著名书法家,被称之为唐人楷书第一。
Ouyang Xun (557-641), bernama panggilan Xinben, adalah ahli kaligrafi terkenal dari dinasti Tang, dijuluki sebagai “Ahli Kaishu Nomor Satu Dinasti Tang” .
③ 颜真卿(709—785),字清臣,唐代著名书法家。他彻底摆脱了初唐的风范,创造了新的书法风气。
Yan Zhenqing (709-785), bernama panggilan Qingchen, ahli kaligrafi dari dinasti Tang. Dia sukses lepas dari gaya kaligrafi masa awal dinasti Tang dan menciptakan gaya kaligrafi baru.
④ 柳公权(778—865),字诚悬,唐代著名书法家。书法风格自成一体,与颜真卿齐名,人称“颜柳”。
Liu Gongquan (778-865), bernama panggilan Chengxuan, adalah ahli kaligrafi yang terkenal dari dinasti Tang. Gaya kaligrafinya sangat unik sehingga dia disejajarkan dengan Yan Zhenqing, disebut “Yan Liu”.
⑤ 赵孟頫(1254—1322),号松雪,别号欧波,元代著名书画家,在绘画史、书法史上,都占有重要的地位。
Zhao Mengfu (1254-1322), bernama panggilan Songxue atau Oubo, adalah ahli kaligrafi yang terkenal dari dinasti Yuan. Dia memiliki kedudukan yang penting dalam sejarah lukisan dan kaligrafi.

  http://indonesian.chinese.cn/chineseculture/article/2011-11/01/content_370058.htm

Tidak ada komentar: