Jumat, 27 Januari 2012

“岁寒三友”


 
岁寒三友
Tiga Sahabat di Musim Dingin

青松、翠竹和冬梅这三种植物历来被中国人所喜爱,原因就在于它们即使在寒冷的冬天也显示出生机勃勃的活力,像三位志同道合的朋友一样迎接春天的来临,所以它们被人们誉为“岁寒三友”,象征着中国人所敬慕和追求的高尚情操。
Pinus, bambu dan bunga Plum adalah tiga macam tumbuhan yang selama ini disukai masyarakat China, hal ini dikarenakan ketiga tumbuhan ini menunjukkan daya hidup yang penuh dengan vitalitas di musim dingin yang dingin membeku, seperti tiga sahabat yang sehati dan sejalan untuk menyambut datangnya musim semi, karenanya tiga tumbuhan ini disebut sebagai “tiga sahabat di musim dingin” yang melambangkan jiwa luhur yang di hormati, dikagumi dan dicari oleh masyarakat China.
在中国,“岁寒三友”的图案很常见,不管是在器皿、衣料,还是在建筑上都留下了它们的影子。仁人志士向往它们傲霜斗雪、铮铮铁骨的高尚品格,而老百姓则看重它们常青不老、经冬不凋的旺盛的生命力。
Di China gambar “tiga sahabat di musim dingin” sangat lazim, dapat ditemui pada alat-alat rumah tangga, kain bahkan pada arsitektur bangunan. Orang yang bercita-cita luhur mengejar kualitas kebanggaan, semangat pantang menyerah, teguh, tabah dan jujur yang diwakilinya, sedangkan rakyat biasa menyukai kehijauan abadi dan vitalitas hidupnya.
松树是一种生命力极强的常青树,即使天寒地冻,它也依然葱茏茂盛。所以人们赋予它意志刚强、坚贞不屈的品格。在中国民间,人们更喜欢它的常青不老,将它作为长寿的代表。
Pohon pinus adalah pohon selalu hijau yang berdaya hidup luar biasa. Meski cuaca sangatlah dingin, dia tetap rimbun kehijauan sehingga diberi watak yang bertekad kuat, setia dan pantang menyerah. Di kalangan rakyat China, masyarakat lebih menyukai kehijauan abadinya yang melambangkan panjang umur.
每当寒露降临,很多植物便会逐渐枯萎,而竹子却能凌霜而不凋,坚强地屹立在风雪之中。竹节中空、挺拔,所以被人们赋予坚贞和虚心的品格,有着“君子”的美誉。在中国的民间传统中有用放爆竹来除旧迎新、除邪恶报平安的习俗,所以竹子在中国也被作为平安吉祥的象征。
Setiap masa Hanlu (salah satu dari 24 musim matahari menurut perhitungan waktu China) tiba, banyak tumbuhan yang perlahan-lahan mengering dan layu, tetapi bambu menyambut embun beku tanpa gugur, dengan tegar berdiri di tengah-tengah angin salju. Bambu kosong di tengahnya, tinggi dan lurus sehingga diberi watak setia dan rendah hati, memiliki reputasi baik sebagai “budiman”. Rakyat China memiliki tradisi menyalakan petasan bambu menyambut tahun baru, mengusir yang buruk dan meminta keselamatan sehingga di China bambu juga melambangkan keselamatan dan kemujuran.
梅花是中国的传统名花,它清香幽雅、冰肌玉骨,梅花以它的高洁、坚强、谦虚的品格,激励着人们洁身自好、不断奋发向上,所以中国历代文人志士喜欢梅花、歌颂梅花的极多。梅花还常常被民间作为传春报喜的吉祥象征。有关梅花的传说故事、梅的美好寓意在中国流传深远,应用很广。
Bunga Plum merupakan bunga yang terkenal dalam tradisi China.Dengan sifatnya yang penuh harum, anggun, suci dan murni, bunga Plum yang memiliki watak mulia tak bernoda, teguh dan rendah hati mendorong masyarakat untuk menghindari yang jahat dan terus-menerus bekerja keras untuk maju, sehingga bunga Plum disukai bahkah dipuja dengan puisi oleh banyak kaum terpelajar China dari generasi ke generasi. Bunga Plum juga sering digunakan oleh rakyat China sebagai lambang keberuntungan akan kabar gembira. Legenda mengenai bunga Plum dan makna baik yang terkandung di dalamnya menyebar luas dan dipraktek banyak di China.
除了松、竹、梅这“岁寒三友”之外,中国还有很多植物,如菊花、兰花和莲花等,也被人们寄寓了美好的品格,成为中国人所追求的人格操守的象征。
Selain pinus, bambu dan bunga Plum, masih banyak tumbuhan lain seperti bunga krisan, anggrek, teratai dan lain-lain yang dilambangkan watak baik, yang menjadi budi pekerti yang dicari dan dikejar oleh masyarakat China.

  http://indonesian.chinese.cn/chineseculture/article/2011-11/01/content_370058.htm

Tidak ada komentar: